• Berita Terbaru

    August 05, 2014

    elnusanews/com , August 05, 2014

    Wawali Sidak Sejumlah SKPD, di Dispenda Warga Keluhkan Soal Tunggakan


    MANADO, Elnusanews – Ketidakberesan soal pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado. Akhirnya jadi bahan keluhan warga, saat Wakil Walikota Manado, Dr Harley Mangindaan, lakukan inspeksi mendadak di sejumlah kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah, Senin (04/08/2014).
    Pasalnya, perpindahan lokasi pembayaran PBB dari bank ke kantor Dispenda Kota Manado, kini menimbulkan kejanggalan bagi masyarakat. Masalahnya, warga yang sudah membayar pajak melalui bank, begitu hendak membayar di kantor Dispenda, malah ada beberapa tahun yang tidak tercatat.
    “Saya warga yang taat pajak. Tapi saya heran ketika melakukan pelunasan PBB di dispenda masih ada tunggakkan padahal sudah dibayar melalui bank waktu tahun-tahun sebelumnya. Pihak bank sendiri memang ketika dimintai bukti pembayaran enggan memberikan dengan alasan pembayaran lalu hanya manual,” keluh Jemmy Ratung kepada Wawali.
    Hal senada pun, diungkap Hanny Sagay warga Paal II. Dirinya mengaku sudah melakukan pembayaran melalui bank, namun begitu tempat pembayaran dipindahkan, dia justru heran ada tunggakkan.
    Menjawab persoalan ini, Wawali yang saat itu didamping Kadispenda Bismark Lumentut, menjelaskan saat ini pihak Dispenda sedang mendata dan menyusun laporan ke pihak berwajib. Dan kalau memang ada kelebihan pembayaran, maka uang warga akan dikembalikan.
    “Persoalan sedang direkab dan akan dicek kebenarannya, melalui klarifikasi pembayaran dan yang pasti akan diumumkan dan akan dilaporkan ke aparat. Jika kemudian hari ada kelebihan pembayaran atau pelunasan pajak, tentunya uang warga tersebut akan dikembalikan, asalkan nanti ada pembuktian sudah lunas,” terang Mangindaan.
    Setelah dari kantor Dispenda, Wawali kemudian menuju ke beberapa kantor SKPD lainnya. Menurut Wawali, sidak ini dilakukan guna mengechek kesiapan para Pegawai Negeri Sipil Kota Manado dalam melayani masyarakat usai libur Idul Fitri. “Kasihan jika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan sedangkan para PNS tidak berada di tempat. Libur seminggu saya rasa sudah cukup. Hasil sidak hari ini akan saya teruskan ke Pak Walikota agar ke depan, para PNS bisa lebih menyadari betapa pentingnya kehadiran di kantor untuk melayani masyarakat,” ungkap Wawali.
    Dalam sidak tersebut tingkat kehadiran di Dispenda berjumlah 62 %, Dinas PU 31 %, BPMPK 46 % dan Dinas Sosial 22 %. Untuk PNS yang kedapatan tidak berada di tempat tentunya akan ditindaklanjuti oleh tim sidak, tegasnya. (oxo/*)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wawali Sidak Sejumlah SKPD, di Dispenda Warga Keluhkan Soal Tunggakan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top