• Berita Terbaru

    October 31, 2015

    elnusanews/com , , October 31, 2015

    Pj Gubernur Sulut Buka Pameran dan Kontes Batu Akik di Mantos



    Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (SULUT) DR Soni Sumarsono MDM, Saat Menyerahkan Piala Bergilir Kepada Ketua ABAPSU Sulut, Jemmy Ringkuangan AP, MSi
    SULUT,ELNUSANEWS - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (SULUT) DR Soni Sumarsono MDM, Jumat (30/10) Malam, secara resmi membuka pameran dan kontes batu akik yang bertempat di pusat perbelanjaan Manado Town Square (MANTOS).


    Ketua Asosiasi Batu Akik dan Permata Sulut (ABAPSU) selaku ketua panitia dalam kegiatan ini, Jemmy Ringkuangan menyampaikan dalam rangka meningkatkan potensi daerah Provinsi Sulawesi Utara, maka ABAPSU bekerja sama dengan Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara telah melaksanakan beberapa agenda kegiatan sebagai berikut: 


    1.   Pameran Batu Akik Nusantara pelaksanaannya sudah dimulai sejak tanggal 19 oktober sampai dengan 8 november 2015 yang diikuti dari berbagai daerah yakni Provinsi Sulsel, Provinsi Jabar, Provinsi Sulteng, Provinsi Malut, Provinsi Gorontalo dan sebagai tuan rumah Provinsi Sulut.


    Dengan jumlah peserta 102 stand, dengan jenis batu yang dipamerkan seperti, Batu Obi, Batu Bacan, Batu Raflesia, Batu Permata, Fire Oval dan berbagai batu asli Sulut seperti, Batu Karimbow , Batu Likupang, Batu Nawacita dari sangihe Talaud dan Batu Red Manguni Minahasa dari Desa Tatelu.


    2.   Kontes Batu Mulia Nusantara, memperebutkan ‘’PIALA GUBERNUR SULUT 2015’’ yang digelar pada tanggal 30 oktober 2015 di Indoor Atrium Mnatos 2 yang diikuti dari Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sultra, Provinsi Maluku Tengah, Provinsi Gorontalo, dan Provinsi Sulwesi Utara sebagai tuan rumah dengan jumlah peserta sebanyak 303 Batu Cincin dan Liontin, dengan kelas yang dipertandingkan meliputi Cincin Kategori Motif, Cincin Kategori Satu Warna, Cintin Kategri Satu Pancawarna dan Liontin Kategori Bebas. 

    Lanjut Ringkuangan, seluruh kegiatan ini secara penuh di sponsori oleh pengelola Mantos, Pemprov Sulut, Kantos Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut, ABAPSU dan dari beberapa SKPD serta BUMN.
     
    Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono menyampaikan seiring kecenderungan batu yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia, Sulut juga memiliki batu-batu yang tidak kalah bagus dan memiliki nilai seninya.

    Dia menyebutkan, Batu Karimbow, Batu Likupang, Batu Nawacita dari sangihe Talaud dan Batu Red Manguni Minahasa adalah batu akik yang sudah sejak lama dikenal masyarakat.

    "Sekarang, Sulut juga memiliki batu yang disebut Batu Nawacita dari sangihe Talaud atau Batu Red Manguni sehingga kami ingin batu-batu itu bisa dikenal luas hingga manca negara," ungkapnya.

    Menurut dia, Batu Nawacita atau Batu Red Manguni itu harus disosialisasikan melalui berbagai media sehingga bisa diketahui pecinta batu akik sampai keluar negeri.

    Dia berharap, pameran dan kontes batu akik kali ini yang diselenggarakan ABAPSU selain untuk mempererat tali silaturahmi bagi pecinta batu, juga meningkatkan pengetahuan tentang batu tersebut.

    "Melalui pameran, tali silaturahmi antar sesama pecinta batu semakin terjalin disamping mereka juga bisa mengetahui jenis-jenis batu melalui kontes yang digelar," ujarnya.


    (ROKER)




    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pj Gubernur Sulut Buka Pameran dan Kontes Batu Akik di Mantos Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top