• Berita Terbaru

    September 30, 2017

    elnusanews/com September 30, 2017

    Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Manado Gelar Bimbingan Teknis

    Manado, Elnusanews - Pemerintah Kota Manado melalui Bagian Hukum Sekretariat Kota Manado, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Produk Hukum Daerah Kota Manado dilaksanakan Jumat (29/09/2017) di Aula Anoa Hotel Grand Puri Manado.

    Menurut Kabag Hukum Sekretariat Kota Manado Yanti Putri SH,MH, mengatakan, Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Manado, karena pelaksananya dari segenap ASN yang ada di setiap Perangkat Daerah Kota Manado.

    "Kegiatan ini gunanya untuk meningkatkan wawasan Pengetahuan bagi peserta ASN, agar peserta yang hadir benar-benar memahami dan bisa mempraktekan apa yang sudah mereka dapatkan dari Narasumber, supaya mereka dapat membantu Pemerintah khususnya di Bidang Hukum, karena banyak  Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih kurang mendalami atau mengerti tentang amanat UU No.12 tahun 2011, dan Permendagri No.80 tahun 2015, sehingga surat-surat yang berkaitan dengan aturan SK atau Peraturan Walikota ketika masuk di Bagian Hukum selalu masih ada yang dikoreksi" tandas Yanti.

    Dalam kesempatan itu Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Micler Lakat SH,MH menjelaskan, Kegiatan ini yaitu untuk mensosialisasi Produk Hukum berkaitan dengan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dan Peraturan Daerah (Perda), mulai dari tata cara penyusunan, perencanaan, hingga keluarnya peraturan tersebut.

    "Perencanaan dari Perangkat Daerah dan menyusun Produk Hukum baik itu (SK) Surat Keputusan, maupun peraturan Walikota yang tahu adalah Perangkat Daerah, karena itu melalui Bimtek ini supaya bisa mengerti dan menambah wawasan bagi Peserta" jelas Lakat.

    "Dalam Permendagri No.80 tahun 2015, Kepala Perangkat Daerah bertanggung Jawab atas isi dari penyusunan Produk Hukum itu, Bagian Hukum hanya memeriksa dan memberikan nomor dalam peraturan tersebut, setelah itu, konsultasi ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulut, baru turun dan di Paripurnakan" tambah Lakat.

    Dalam Bimtek ini Narasumber Hendra Zachawerus SH,MH, selaku Koordinator Perancang Peraturan Perundang-Undang dari Kanwil Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Utara, Peserta Utusan ASN dari Dinas dan Badan di lingkup Pemkot Manado.
    (moris).
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Manado Gelar Bimbingan Teknis Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top