• Berita Terbaru

    September 28, 2017

    elnusanews/com September 28, 2017

    Sampah Membawa Berkah

    MINSEL, Elnusanews - Siapa yang tidak mengenal dengan yang namanya Sampah, sampah itu merupakan musuh besar Masyarakat dan sangat mudah didapatkan dimana-mana baik Rumah, Pabrik, pinggir Jalan dan sebagainya. Namun siapa sangka Sampah itu membawa rejeki bagi Masyarakat khususnya Minahasa Selatan.

    Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Selatan bersama dengan pecinta lingkungan (Amurangerss) secara resmi bersama-sama meresmikan bank sampah di balai Desa Tumpaan I yang disaksikan oleh Kumtua setempat Hansye Mintalangi.

    Kadis Lingkungan Hidup Roy Sumangkut melalui Sekdis Dorkas Singkala, ST mengatakan, dipilihnya Desa Tumpaan I ini sebagai contoh Pilot Project pertama DLH yaitu merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada serta target Pemkab Minsel untuk Adipura 2018, katanya. Sembari mengungkapkan program bank sampah DLH ini kemungkinan besar akan berkembang kedesa-desa yang ada di Minahasa Selatan.

    Untuk itu dirinya mengingatkankan kepada Masyarakat kiranya menjauhkan pola pikir negatif tentang kegiatan bank sampah yang ada, sebab lewat langkah ini Masyarakat yang dulunya menganggap sampah itu musuh besar sekarang bisa membawa berkat dalam menambah penghasilan sehari-hari.

    "Atas nama DLH tak lupa berterimakasih kepada Amurangers yang sudah banyak membantu serta berempati bersama dinas Lingkungan Hidup dalam kegiatan ini. Semoga lewat kegiatan ini dapat memberikan contoh bagi Anak-anak muda lainnya, ungkap Singkala.

    Ditambahkan Kepala Seksi DLH bagian Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3) Verra Rambe, SSI.MM Kamis, (28/9/2017) bagi masyarakat yang ingin menjual Limbah Sampah pertama-tama harus dibersihkan terlebih dahulu.
    Misalnya (Botol Aqua) harus dalam keadaan bersih serta memisahkan dari penutup bersama labelnya juga (Kertas/kardus) harus dalam keadaan kering tidak boleh basah.

    Selepas dari itu dilanjutkan dengan registrasi data dan akan memperoleh buku tabungan
    dari bank sampah dengan minimal satu bulan hasilnya baru bisa diambil.

    Menurutnya langkah DLH ini sudah sangat tepat di lakukan guna mengatasi permasalahan sampah yang ada serta turut menunjang program Clean Environmental Programe For Districts Wellness (CEP-FDW) terlebih target Adipura pada 2018 nanti, pungkas Rambe.

    Berikut Ini waktu/jam pembelian bersama daftar Harga Bank Sampah Amurangers.
    Waktu: Hari Senin, Rabu dan Jumat mulai Pukul 15:00 sampai 18:00 wita.
    Daftar Harga Bank Sampah Amurangers:
    - Koran :  Rp.1000 KG
    - HVS   :   Rp 1.050 KG
    - DOS   :   Rp 1000  KG
    - Cabo  :  Rp 1000 KG (bahan campuran Botol/gelas/kertas).
    - MONTI   : Rp 1000 KG
    - GELAS I : Rp 3500 KG (Gelas Aqua yang sudah bersih)
    - GELAS II : Rp 1600 KG (Gelas Aqua yang sudah bersih tapi masih ada penutup) 
    - PET I : Rp 1600 KG (botol aqua bening).
    - PET BM : Rp 1250 KG (botol aqua biru muda).
    - PET HIJAU : Rp 1250 KG (Sprite dll)
    - PET BIRU : Rp 1250 KG (Mayson dll)

    (Rela)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sampah Membawa Berkah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top