• Berita Terbaru

    November 26, 2018

    elnusanews/com , November 26, 2018

    Humiang Hadiri HUT ke 73 PGRI dan Hari Guru Nasional di kota Bitung


    SULUT,Elnusanews - Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut Drs. Edison Humiang, M.Si hadiri acara peringatan HUT ke 73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional di Bitung, Minggu (25/11/18).
    Dalam sambutan Menteri Pendidikan Nasional Muhadjir Effendi yang dibawakannya, Humiang mengatakan tema  Hari  Guru  Nasional  tahun  2018  adalah  “Meningkatkan  Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI”.  Tema tersebut dipilih  mengingat tantangan pendidikan  di  abad  XII  semakin  berat.  Hal ini  meniscayakan  peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan  kualitas  agar  memiliki  kompetensi  yang  sesuai  dengan perkembangan zaman.
    "Revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan  arif  karena  telah  mengubah  peradaban  manusia  secara  fundamental. Untuk  itu,  diperlukan  guru  yang  profesional;  guru  yang  mampu  memanfaatkan kemajuan  teknologi  informasi  yang  supercepat  tersebut  untuk  meningkatkan kualitas  proses  belajar  mengajar  pada  setiap  satuan  pendidikan  dalam  rangka mempersiapkan  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  unggul  dengan  kompetensi global," tuturnya.
    Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa dalam  rangka  perluasan  akses,  pemerataan  mutu,  dan  percepatan terwujudnya guru profesional, pada tahun yang akan datang Kemendikbud akan menerapkan Kebijakan Sistem Zonasi. Kebijakan Sistem Zonasi diharapkan akan mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di seluruh tanah air.
    Sistem  zonasi  tersebut  diharapkan  akan  memudahkan  penanganan  dan pengelolaan guru, mulai dari distribusi, peningkatan kompetensi, pengembangan karir,  dan  penyaluran  bantuan  penyelenggaraan  berbagai  kegiatan  yang dilakukan  oleh  guru,  kepala  sekolah,  dan  pengawas  sekolah.  Kegiatan-kegiatan itu dapat dilakukan melalui kegiatan di kelompok/musyawarah kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah (KKG, MGMP, KKS, MKPS, KKPS, atau MKPS).

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Humiang Hadiri HUT ke 73 PGRI dan Hari Guru Nasional di kota Bitung Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top