• Berita Terbaru

    November 21, 2018

    Elnusa News , November 21, 2018

    Petani Kopra Minsel Tuding "PT Cargil" Sengaja Mainkan Harga

    MINSEL, Elnusanews- Sesuai janji yang disampaikan, Ribuan masyarakat /Petani Kopra menggelar aksi unjuk rasa di depan perusahaan PT Cargil Amurang pada, Rabu 21 November 2018.

    Aksi ini sebagai bentuk protes terhadap merosotnya harga Kopra yang saat terpaut jauh dibawah kisaran harga 3.500 per kilogram.

    Mereka pun menuding, pihak PT Cargil dan beberapa perusahaan lainnya sengaja mempermainkan harga beli Kopra.

    Selain itu juga meminta kepada PT Cargil untuk memprioritaskan Kopra lokal dibandingkan dari luar serta kenaikan upah untuk pekerja bongkar muat.

    Para petani mendesak jika harga Kopra di PT Cargil serta beberapa perusahaan lainnya tidak ada kenaikan, maka secara tegas meminta kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan maupun Propinsi Sulawesi Utara Untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) khusus tentang harga Kopra.

    Petani pun mengancam jika pengeluhan saat ini tidak ada perbaikan harga, maka akan mengerahkan lebih banyak lagi masyarakat untuk datang berunjuk rasa.

    Serupa disampaikan aktivis Minahasa Selatan Sampel Kasenda. Dirinya menyampaikan, bahwa masyarakat khususnya Minahasa Selatan sangat bergantung pada penghasilan Kopra. Sebab dari sanalah biaya untuk menyekolahkan anak serta mencukupi kebutuhan sehari-hari  apalagi memasuki hari Natal dan tahun baru yang tentunya sangat memerlukan biaya.

    Olehnya pun meminta Kepada pihak perusahaan untuk dapat dapat menaikkan harga Kopra serta berharap Pemerintah daerah/ Propinsi Sulawesi Utara mencari jalan keluar, Pungkasnya.

    Terpisah disampaikan Plan Manager Cargil, Imelda Tandako. Bahwa turunnya harga Kopra saat ini tidak ada sangkut-pautnya dengan PT Cargil.

    "Turunnya harga Kopra disebabkan pada harga pasar minyak dunia yang melemah. Selain itu, banyak stok yang tersedia (ekspor Amerika dan Eropa) dibanding kebutuhan pakai (permintaan kurang).

    Olehnya berjanji setiap pengeluhan masyarakat/petani Kopra saat ini akan disampaikan langsung kepada pimpinan perusahaan, ucap Imelda Tandako.

    Selang 1 Minggu kedepan, perwakilan Petani Kopra Minahasa Selatan sepakat untuk dibicarakan kembali dengan PT Cargil mengenai harga.

    (Rela)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Petani Kopra Minsel Tuding "PT Cargil" Sengaja Mainkan Harga Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top