• Berita Terbaru

    February 06, 2019

    Elnusa News February 06, 2019

    Inspektorat Sampaikan Kendala Meraih WTP

    MINUT, Elnusanews -- Menghadapi pemeriksaan anggaran oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut, Inspektorat Minut memaparkan sejumlah hal yang bisa menghambat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

    Inspektur Minut Umbase Mayuntu mengatakan, ada beberapa hal sehingga suatu daerah gagal meraih opini WTP dari BPK RI. Seperti contoh ada sejumlah anggaran yang tak mampu dipertanggung jawabkan secara real, setelah diperiksa ternyata tidak mampu memberikan laporan pertanggung jawaban, pihak pemeriksa juga tidak akan memberikan pendapat opini suatu daerah.

    “Hal ini yang seringkali menjadi kendala, tapi untuk Minut semua anggaran dapat dipertanggung jawabkan penggunaannya,” jelas Mayuntu, kepada beberapa media.

    Dia menambahkan, hal lain yang menciptakan opini disclaimer misalnya ada 3 persen (%) dari jumlah total APBD yang tak mampu dipertanggung jawabkan otomatis daerah tersebut tidak akan memperoleh opini WTP. Misalnya dari total APBD Rp 900 miliar, jika anggaran Rp 27 miliar tidak ada pertanggung jawaban, hal ini yang akan menyebabkan disclaimer.

    “Untuk itu dalam memperoleh opini WTP ada kriteria-kriteria tertentu, dan Pemkab Minut optimis tahun ini kami akan kembali menerima WTP,” tutupnya. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inspektorat Sampaikan Kendala Meraih WTP Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top