• Berita Terbaru

    February 25, 2019

    elnusanews/com , February 25, 2019

    Optimalkan PAD, Bapenda Turlap ke PT Conch

    SULUT,Elnusanews - PT Conch North Sulawesi Cement yang berada di Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menjadi incaran Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Utara (Sulut). Sebab, perusahaan tersebut mempunyai potensi untuk pendapatan daerah.

    Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng mengatakan potensi tersebut didapati setelah pihaknya bersama Tim Gabungan Optimalisasi Pajak Daerah Provinsi Sulut melakukan kunjungan kerja ke PT Conch, Kamis (21/2/2019) pekan lalu.

    “Tak sendiri, saya ke sana bersama tim yang terdiri dari Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania Kadis Perhubungan Bolmong dan BPKAD Bolmong,” ungkapnya, Jumat (22/2/2019).

    Tim gabungan ini turun ke lapangan menindaklanjuti Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 299 Tahun 2018 tentang Pembentukan Tim Gabungan Optimalisasi Pajak Daerah Provinsi Sulawesi Utara, dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah.

    “Kami turun untuk melakukan pengecekan secara langsung pemanfaatan pengelolaan Sumber Daya Alam, yang merupakan wewenang pemerintah provinsi sesuai dengan Perda Pajak dan Retribusi Daerah yang berlaku,” tuturnya.

    Ia membeberkan dalam kunjungan tersebut, tim melakukan permintaan dukungan data dan informasi terkait penggunaan perairan 0 s/d 12 ml, Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS), penggunaan air permukaan, penggunaan alat berat, penggunan kendaraan bermotor.

    “Kami juga mengecek penggunaan bahan bakar perusahaan yang merupakan potensi pendapatan daerah baru yang belum dikelola, dan dilanjutkan dengan survey lokasi,” tutur Atteng.

    Dari kunjungan tersebut, Pemprov Sulut siap memfasilitasi segala kegiatan dan investasi PT Conch. Namun, diimbau perusahaan dari China tersebut segera menyelesaikan kewajibannya sebagai pelaku usaha terkait kontribusi pada sektor Pajak dan Retribusi Daerah berdasarkan data, ukuran, hitungan yang akan ditetapkan.

    “Kami akan turun lagi ke sana pada bulan Maret. Melihat keseriusan mereka,” pungkasnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Optimalkan PAD, Bapenda Turlap ke PT Conch Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top