• Berita Terbaru

    February 19, 2019

    elnusanews/com February 19, 2019

    Pemkab Mitra Raih Predikat B Penilaian Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018

    MITRA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH kembali mendapatkan penghargaan setelah berhasil memperoleh predikat B pada Apresiasi dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2018, Selasa 19/2/2019 di Makasar.

    “Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Drs.Syarifudin,M.Si kepada Pemkab Mitra yang diterima oleh Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) Maya Daming SPd atas nama Bupati James Sumendap SH.” Ujar juru bicara Pemkab Mitra Frangky Wowor kepada media ini, Selasa 19/2/2019.
    Berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan Kinerja instansi pemerintah serta peraturan Presiden 29 tahun 2014 tentang (SAKIP), dirinya mengaku bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja pada pada Pemkab Mitra. Adapun evaluasi pelaksanaanya, kata dia berpedoman pada peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) nomor 12 tahun 2015 tentang pedoman evaluasi atas implementasi system akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

    “Adapun tujuan dari evaluasi yang dilakukan, yakni untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (Outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result orientid government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.” Terang Wowor.

    Lanjut dikatakannya juga bahwa, hasil evaluasi Pemkab Mitra dengan predikat B ini, menunjukan tingkat efektivitas dan evisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya sudah baik.

    “Tentunya ini semua disebabkan oleh kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di pemkab mitra sudah menjunjukan hasil yang baik,” ujarnya.

    Melalui hasil ini, Wowor berharap bisa menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat Mitra secara umum maupun kami sebagai pemerintah Kabupaten secara khusus mampu membawa Mitra lebih baik dan masyarakat sejahtera.

    Diketahui, pemkab mitra di tahun 2017 juga berhasil memperoleh hasil yang sama, yakni predikat B.


    (Jo)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Mitra Raih Predikat B Penilaian Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top