• Berita Terbaru

    February 21, 2019

    elnusanews/com February 21, 2019

    Hari Ini, Lomban Resmikan Patung Alfred Russel Wallace

    BITUNG, Elnusanews - Cagar Alam Tangkoko di kota Bitung hari ini tepat berusia 100 Tahun. Monumen Alfred Russell Wallace pun diresmikan, untuk mengenang ilmuwan legendaris itu.

    Peresmian dilakukan Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban digelar di kampung wisata Kelurahan Batu Putih, Kecamatan Ranowulu, Kamis (21/2/2019).

    Dalam sambutannya Lomban menjelaskan, pada hari ini, 100 tahun lalu, Pemerintah Hindia Belanda menetapkan Tangkoko sebagai salah satu Cagar Alam yang dilindungi di Indonesia. Kini 100 tahun kemudian, Pemerintah Kota Bitung menggelar peringatan acara 100 Tahun berdirinya Cagar Alam Tangkoko.

    "Tepat hari ini Patung Alfred Russel Wallace diresmikan,"kata Lomban.

    Lanjut Lomban menjelaskan pria berkebangsaan Inggris ini (Alfred Wallace)berjalan di hutan ini, lebih dari 150 tahun yang lalu ketika belum ada jalanan hanya hutan.

    "Dia adalah ilmuwan dan ahli biologi yang hebat, lebih dari itu dia adalah pria yang berkomitmen dengan keanekaragaman hayati,"ujarnya.

    Wallace juga selain tokoh lingkungan, juga mengeluarkan yang namanya Wallace Line dan Wallace Area. Wallace Line membagi Indonesia jadi 2 wilayah besar, Sumatera, Jawa, dan Kalimantan ke Benua Asia, serta Sulawesi ke Timur ke Benua Australia.

    Patung Wallace ini juga bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Cagar Alam Tangkoko. Patung ini bahkan diberikan chip yang bisa di-scan wisatawan agar memperoleh informasi soal Wallace dan juga Cagar Alam Tangkoko.

    Patung Wallace dibuat oleh seniman bernama Hendra Susanto. Traveler bisa melihat patung Wallace ini jika berkunjung ke Cagar Alam Tangkoko. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hari Ini, Lomban Resmikan Patung Alfred Russel Wallace Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top