• Berita Terbaru

    September 30, 2021

    elnusanews/com September 30, 2021

    Wawali Hengky Buka FKG3


    BITUNG,Elnusanews- Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar membuka secara resmi Festival Kuala Girian 3 yang digelar secara virtual di Riverside Adventure Camp Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari, Kamis (30/9/2021).

    Wakil Wali Kota sendiri mengaku sangat mengsuport iven Festival Kuala Girian yang tujuannya tak lain untuk menjaga kelestarian sungai dengan cara mengajak mayarakat agar ikut ambil bagian dalam menjaga daerah aliran sungai.

    Iapun mengaku teringat masa-masa kecil yang tidak lepas dari hobi bermain di sungai sama seperti anak-anak pada umumnya. 

    “Dulu waktu kecil sering mandi di sungai. Kalau tidak di sungai, ya di laut,”katanya.

    Namun kini kondisinya beda. Menurutnya, sungai bukan lagi tempat yang menarik untuk bermain karena tidak dipungkiri banyak yang sudah beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah hingga pembuangan limbah.

    Hampir setiap tahun kata dia, harus selalu menghadapi bencana alam yang tidak terduga, seperti kebakaran hutan konservasi alam yang cecara langsung telah mengurangi kawasan penampungan air. 

    Belum terhitung kerusakan krusial akibat ulah manusia seperti penebangan dan penambangan liar, desakan pemukiman, serta beberapa aktifitas lainnya, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja,” katanya. 

    Secara kasat mata, kata Hengky, dampaknya mulai dirasakan seperti bagaimana penurunan debit air dari sungai-sungai yang ada di Kota Bitung yaitu Sungai Girian, Sungai Kayuwale yang merupakan anak Sungai Pinasungkulan, Sungai Sagerat dan Sungai Tewaan, serta Sungai Batuputih yang berbatasan langsung dengan kawasan konservasi alam sehingga masih dapat terselamatkan.

    “Satu-satunya jalan yang diharapkan dapat membantu mengembalikan kualitas sumber daya air yang ada di Kota Bitung adalah melalui kegiatan restorasi sungai. Bukan hal yang mudah memang, namun bukan pula hal yang tidak mungkin untuk dilakukan,” katanya.

    Sampai saat ini, lanjut Hengky, pemerintah dan seluruh stakeholder, termasuk didalamnya forum komunitas pecinta alam dan masyarakat terus melakukan pembenahan-pembenahan di lapangan yang didalamnya bagaimana cara mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk masyarakat di bantaran sungai sebagai penunjang langkah awal restorasi sungai.

    “Kami harapkan melalui momentum ini dapat membentuk wawasan dan kemampuan masyarakat yang hidup dan menggantungkan hidupnya dari aliran sungai yang ada, para organisasi pecinta alam, serta para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan bergerak secara masif dalam mencegah kerusakan daerah aliran sungai,” katanya.

    Selain membuka Festival Kuala Girian 3, Wakil Wali Kota juga melakukan pelepasan ribuan anak ikan di Kuala Girian serta penamanan pohon yang diikuti sejumlah relawan dari negara lain secara zoom. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wawali Hengky Buka FKG3 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top