• Berita Terbaru

    September 29, 2021

    elnusanews/com September 29, 2021

    Bangkit dan Berinovasi Dimasa Pandemi, Wawali Hengki Kukuhkan Kelompok Nelayan


    BITUNG, Elnusanews - Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar menyebut sektor kelautan masih menjadi tumpuan masyarkat Kota Bitung di tengah pandemi COVID-19.

    Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota saat mengukuhkan Kelompok Nelayan di Kelurahan Kasawari Kecamatan Aertembaga, Rabu (28/09/2021).

    Wakil Wali Kota menyampaikan, sektor kelautan khususnya bidang perikanan masih menjadi ndalan sebagai mata pencaharian masyarakat, serta menjadi salah satu sektor unggulan yang mempunyai peran penting dalam memacu tingkat pertumbuhan ekonomi daerah.

    “Sektor kelautan dan perikanan merupakan tumpuan dari masyarakat nelayan, baik nelayan tangkap, Pembudidaya, pengelolah maupun pemasar hasil perikanan mau tidak mau harus meningkatkan taraf Hidup di masa pandemi ini,” kata Hengky.

    Konsep itu kata Hengky, perlu dikembangkan, dari usaha yang bersifat tradisional menjadi usaha yang lebih profesional sehingga hasilnya dapat meningkatkan pendapatan pengelola ikan serta mampu menunjang tumbuhnya industri-industri perikanan.

    “Kelompok perikanan adalah kumpulan para pelaku utama uang terdiri dari nelayan, pembudi daya ikan, dan pengolah ikan yang terikat secara informal atas dasar keserasian dan kebutuhan bersama serta di dalam lingkungan pengaruh dan pimpinan seorang ketua kelompok pelaku utama perikanan,” katanya.

    Pembinaan kelompok perikanan dan nelayan kata dia, merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap setiap anggota kelompok perikanan sehingga lebih meningkatkan kemampuan dan kemandirian di dalam mengelola usaha perikanan dan penangkapan ikan.

    Sehingga, lanjut Hengky, pembinaan kelompok perikanan masyarakat di bidang perikanan dan nelayan di tingkat lapangan melalui pendekatan kelompok dengan tujuan berdaya guna dan berhasil guna, maka diperlukan adanya satu gerak, satu bahasa dan satu pengertian.

    “Selamat kepada kelompok perikanan masyarakat yang telah dikukuhkan. Teruslah berkarya dan menghasilkan inovasi yang cemerlang bagi kemajuan sektor perikanan masyarakat Kota Bitung khususnya yang ada di Kelurahan Kasawari Kecamatan Aertembaga ini,” katanya.

    Pengukuhan kelompok nelayan itu juga dirangkaikan dengan bakti sosial dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan PMI Propinsi Sulawesi Utara serta Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Penyerahan kartu BPJS dan Ketenagakerjaan untuk Nelayan di Kelurahan Kasawari. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bangkit dan Berinovasi Dimasa Pandemi, Wawali Hengki Kukuhkan Kelompok Nelayan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top