• Berita Terbaru

    September 30, 2021

    elnusanews/com September 30, 2021

    BPKAD Minahasa Gelar Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah


    MINAHASA, Elnusanews - bertempat di Hotel Mercure, Mandolang, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Minahasa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) soal pengelolaan barang milik daerah, Kamis pekan lalu (30/9/2021).

    Kepala BPKAD Joice Pua mengungkapkan, Bimtek pengelolaan barang milik daerah tersebut dilaksanakan guna melakukan pendataan kembali sejumlah aset milik pemerintah.

    “ Tujuannya adalah supaya setiap aset pemerintah bisa terdata dan dicatat sehingga dapat dikelola dengan sesuai fungsi dimasing-masing SKPD,” ujarnya.

    Lanjut dia, ada beberapa poin yang dibahas dalam bimtek diantaranya memahami tugas dan tanggungjawab pengelolaan aset daerah kemudian melalukan pendataan aset yang tersedia atau aktif digunakan.

    Kata Pua lagi, pencatatan aset pemerintah ini sangat penting, dan tidak boleh lalai dalam pendataan barang dan aset daerah.

    “Aset merupakan salah satu unsur yang harus dikelola dengan baik agar menghasilkan informasi yang andal dalam laporan keuangan daerah," tukasnya.

    Masih dikatakannya, pengelolaan barang milik daerah (aset tetap) membawa efek signifikan terhadap pemanfaatan aset disetiap perangkat daerah.

    Selain itu pula, pengelolaan Aset Daerah mempunyai fungsi penyusunan rencana kebutuhan dan pemeliharaan barang milik daerah, penyelenggaraan penatausahaan dan penghapusan barang milik daerah, dan penyelenggaraan pemanfaatan.

    “Juga perlu didata terjadinya pemindahtanganan, pengamanan dan pengendalian barang milik daerah, serta penyelenggaraan penyimpanan, penyaluran, perawatan dan pemeliharaan barang milik daerah,”ujarnya

    Diapun berharap, pengelolaan aset daerah ini semakin tertib sehingga tidak terjadi missing dari proses perencanaan, pencatatan, dan pendataan disemua perangkat daerah,Turut mendampingi Kepala badan (BPKAD) kepala bidang aset daerah Jeklin Rumbayan

    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BPKAD Minahasa Gelar Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top