• Berita Terbaru

    September 19, 2021

    elnusanews/com September 19, 2021

    Fery Sangian Gencar Sosialisasikan Peran Museum di Kab/Kota



    SULUT,Elnusanews – Sosialisasi Undang- Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan disertai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 terkait Museum di seluruh Kabupaten Kota di Sulawesi Utara (Sulut), terus gencar dikampanyekan oleh Dinas Kebudayaan Daerah (Disbud) Provinsi Sulawesi Utara.

    Seperti yang di lakukan  Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang berlangsung pada tanggal 16 hingga 17 September 2021.

    Melalui UPTD Taman Budaya dan Museum, dalam sosialisasi yang di gelar, Kadis Kebudayaan  Ferry Sangian dan para Staf dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya.



    Kepala Dinas Kebudayaan Sulut Fery J Sangian S.Sos MAP menjelaskan, maksud kegiatan sosialisasi museum ini semata -mata untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi kepada masyarakat tentang peran museum dan koleksinya terutama koleksi lokal yang mempunyai nilai sejarah.


    “Diharapkan kegiatan sosialisasi ini agar tujuan pengembangan Museum Sulut sekaligus menunjang undang undang pemajuan kebudayaan dan pokok- pokok pikiran kebudayaan ( PPKD) di Sulut," ujar Sangian yang juga Sekjen AGIS tersebut.


    “Sosialisasi ini sehubungan memperkenalkan  fungsi dan manfaat museum untuk pengembangan kebudayaan di Sulut dengan sasaran adalah tokoh masyarakat dan pemerintah kabupaten kota,” jelas nya.

    Sangian juga menambahakan, museum harus hadir sebagai institusi yang mampu mempertahankan entitas budaya dan sejarah bangsa. Menurutnya, museum harus bisa dimanfaatkan untuk menjawab realita dan tantangan kebangsaan saat ini.

    “Jadi secara ilmiah sudah diakui peran museum sangat penting untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan budaya sebuah negara,” tuturnya.

    Sangian melanjutkan, museum berperan sangat penting bagi edukasi para pengunjung yang ingin mengetahui sejarah bangsa Indonesia, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan nilai-nilai kebangsaan warga negara. Menurutnya, peran museum tidak lagi seperti dibayangkan banyak orang, sebagai sekadar tempat penyimpanan benda-benda antik, kuno, bersejarah, serta arsip-arsip tentang masa silam.

    “Makanya sosialisasi peran museum ini sangat penting untuk digelar,” tandasnya.

    Kegiatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

    Selain itu pula sosialisasi ini sudah dilaksanakan di beberapa tempat di antaranya, Bolmut, Bolsel, dan minahasa. (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Fery Sangian Gencar Sosialisasikan Peran Museum di Kab/Kota Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top