• Berita Terbaru

    September 20, 2021

    elnusanews/com , September 20, 2021

    Letakkan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center di Bolmut, Tamengkel: Ini Bentuk Perhatian dari ODSK


     

    SULUT,Elnusanews - Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Dinas PUPRD Provinsi Sulawesi Utara Adolf Tamengkel menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Islamic Center di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Senin (20/9/2021), bertempat di Kawasan Mesjid Agung Baiturrahman, Kecamatan Kaidipang.

    Adolf Tamengkel mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan Pembangunan Gedung Islamic Center ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey,SE dan Wakil Gubernur Bapak Drs Steven Kandou melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Provinsi Sulawesi Utara untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Utara agar tersedia sarana yang memadai untuk kegiatan-kegiatan keagamaan maupun kegiatan kemasyarakatan.



    "Hal ini juga merupakan salah satu bentuk Sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten dalam hal Peningkatan Infrastruktur. Pembangunan ini membuktikan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara selalu berusaha tetap mengedepankan pembangunan infrastruktur secara merata tidak hanya di ibukota provinsi namun sampai ke kabupaten sebagai Kabupaten yang terletak di paling utara Provinsi ini yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang secara geografis berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo.
    Di harapkan kedepan bentuk Sinergitas dan Harmonisasi akan terus terjaga dengan baik, seiring, sejalan, satu komando demi kelangsungan pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara yang sama sama kita cintai ini," bebernya.

    Lanjutnya, untuk kedepannya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara diharapkan selain sebagai pintu gerbang arus masuk pendatang dan investor dari bagian utara yang akan masuk ke Kab/Kota lain, Pemeritah Provinsi Sulawesi Utara juga mengharapkan Kabupaten ini terlihat maju karena pembangunanya, di samping itu juga tersedia sarana dan prasarana pendukung kegiatan-kegiatan keagamaan bagi masyarakat muslim khususnya sebagai kaum mayoritas yang bermukim di Bolaang Mongondow Utara.

    Adapun maksud dan tujuan, kata Tamengkel  pelaksanaan Pembangunan Gedung Islamic Center ini adalah agar terwujudnya fasilitas memadai dan dapat menunjang kegiatan keagamaan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pembangunan dan Pengadaan Sarana Prasarana ini akan dikerjakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dari sisi kualitas, volume, biaya dan ketepatan waktu pelaksanaan pekerjaan, sehingga semua komponen pendukung Gedung ini akan terlaksana dengan baik.

    Sementara itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada pemerintah provinsi Sulut khususnya kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang telah memberikan perhatian.

    “Khususnya dengan akan dibangunnya gedung Islamic Center sebagai sarana dan prasarana penunjang kegiatan-kegiatan keagamaan bagi umat islam di kabupaten Bolmut,” ujarnya.

    Pada hari ini kita semua merasa bangga dan bahagia, menyaksikan satu wujud perhatian dari pemerintah provinsi Sulut untuk membangun gedung Islamic Center di kabupaten Bolmut.

    “Ini merupakan sumbangsih nyata dan kepedulian Gubernur dann Wakil Gubernur Sulut yang turut serta melaksanakan pembangunan di daerah ini secara terpadu serta bahu membahu bersama pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga tidak ada anggapan pembangunan hanya dilaksanakan oleh pemerintah daerah saja, namun juga perlu dukungan dari pemerintah provinsi Sulut,” jelasnya.

    Diketahui lokasi Pembangunan Gedung Islamic Center akan berdiri di lahan milik Pemerintah Kab Bolaang Mongandow Utara dengan Luas Lahan yang tersedia sekitar 750 M2 dan Luas Bangunan 900 M2 terdiri dari 2 Lantai. Alokasi dana yang diperlukan untuk Pembangunan Gedung Islamic Center ini di rencanakan memerlukan Dana Sebesar Rp 7.000.000.000 (Tujuh Miliyar Rupiah)
    Namun saat ini Anggaran yang tersedia dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara baru sebesar Rp 5.000.000.00. (Lima Milyard Rupiah), Ini terdiri dari Bangunan dengan luas 150 x 20 m2, 2 lantai dan di lengkapi dengan ruangan yang akan di fungsikan sebagai :

    • 1 (satu) Ruang Pimpinan 
    • 1 (satu) Ruang Rapat
    • 6 (enam) Ruang Organisasi Keagamaan.

    Adapun sumber dana untuk pekerjaan ini adalah berasal dari DPA APBD Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2021. Dengan Nilai Kontrak sebesar Rp 4.969.254.641,15 (Empat Miliar Sembilan Ratus Enam Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Lima Puluh Empat Ribu Enam Ratus Empat Puluh Satu Rupiah Lima Belas Sen). Jangka waktu penyelesaian pekerjaan 120 (seratus dua puluh hari) Hari Kalender, terhitung mulai tanggal        3 September 2021 s/d 31 Desember 2021 dengan Masa Pemeliharaan berlaku selama 180 (seratus delapan puluh) Hari Kalender.

    Adapun yang hadir pada peletakan batu pertama ini, di antaranya Forkopimda di Bolmut, sejumlah pejabat Dinas PUPRD Sulut, para pejabat di Lingkup Pemkab Bolmut dan tokoh-tokoh adat serta tokoh-tokoh agama

    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Letakkan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center di Bolmut, Tamengkel: Ini Bentuk Perhatian dari ODSK Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top