• Berita Terbaru

    July 25, 2022

    elnusanews/com , July 25, 2022

    Expo APKO PKA, Marsel Silom Luncurkan Layanan 'PPA Reaktif Bermakna'



    SULUT,Elnusanews - Berbagai terobosan di sistem aplikasi diluncurkan pada Expo Aksi Perubahan Kinerja Organisasi (APKO) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Senin (25/07/2022).

    Kegiatan yang dibuka Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw ini merupakan bagian dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) 2022 total 30 peserta birokrat muda.

    Kepala UPTD PPA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3AD) Sulawesi Utara (Sulut) Marsel Siom meluncurkan layanan perlindungan perempuan dan anak berupa REAKTIF – Bermakna.

    Layanan ini merupakan singkatan dari responsif, empati, cepat, komprehensif, kolaboratif, berbasis manajemen kasus terintegrasi.

    Aplikasi layanan PPA REAKTIF-BERMAKNA hadir mengatasi masalah proses pengelolaan kasus kekerasan perlindungan perempuan dan anak secara digitaliasi yang saat ini sudah menjadi kebutuhan di era saat ini.

    “Aplikasi ini merupakan sebuah inovasi dalam memudahkan penyelenggaraan layanan maupun penerima manfaat dalam urusan perlindungan dan anak di Sulut,” ujar Marsel Siom.

    Dia menjelaskan, sebagai satu-satunya di Indonesia, Aplikasi Layanan PPA Reaktif Bermakna merupakan aplikasi manajemen pengelolaan kasus UPTD PPA berbasis web melalui : https://layananppa.sulutprov.go.id.

    “Pengaduan masyarakat, penjangkauan korban, pengelolaan kasus, penampungan sementara, mediasi, pendampingan korban, bisa diakses dalam aplikasi ini,” tuturnya.

    Dia membeberkan, aplikasi Layanan PPA Reaktif Bermakna juga data yang bersumber dari aplikasi Lapor Kekerasan (Laker) melalui Application Programming Interface (API) lokal.

    “Selain data input pengaduan langsung dan data rujukan yang dikelola melalui aplikasi ini, juga data yang bersumber dari aplikasi Lapor Kekerasan (Laker) melalui Application Programming Interface (API) lokal,” ungkapnya.

    Dia menjelaskan, aplikasi ini memiliki dua dashboard berbeda. Dasboard admin untuk pengelolaan administrasi kasus dan dashboard petugas untuk penanganan kasus oleh tenaga ahli.

    Sembari dirinya menyampaikan banyak terima kasih terutama kepada Ibu Kadis P3AD Sulut, dr. Devi Tanos MARS selaku Mentor yanh sudah banyak memberikan penguatan dan penilaian bagi kami selaku salah satu peserta diklat.

    Sementara itu, Wagub Steven Kandouw saat membuka acara tersebut mengatakan, menjalankan roda pemerintahan teknik juga dibutuhkan penting bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

    “Ya, selain kepangkatan, teknik juga penting. Alias pemberdayaan manusia kita,” ujar Steven Kandouw.
    Orang nomor dua di Sulut itu mendorong pejabat dan staf Pemprov Sulut meng-upgrade Sumber Daya Manusia (SDM).

    “Ini menjadi salah satu variabel penilaian. Siapa yang punya terobosan harus diapresiasi. Dengan catatan, apa yang digagas dan dikonsepkan melalui PKA harus diimplementasikan saat kembali ke tupoksi dalam jabatan sehari-hari,” ungkapnya.

    Wagub menekankan, Expo Aksi Perubahan Kinerja Organisasi bukan hanya acara seremonial saja. Harus ada keberlangsungannya.

    “Harus ditegaskan bahwa ini terimplementasi. Mudah-mudahan judul kalian sesuai tupoksi,” tuturnya.

    Sementara, dalam arahannya juga Wagub Steven Kandouw saat membuka mengingatkan para peserta PKA untuk mampu mengupayakan konsep digitaliasi.

    “Semua hal harus dibikin digitaliasi. Semua aspek, termasuk administrasi organisasi di tupoksi kita. Tanpa ini saya rasa kita akan tertinggal,” kata Wagub.

    “Banyak selamat. Jangan cepat puas. Kedepan harus memikirkan peningkatan kapasitas diri,” tandasnya.

    Di tempat yang sama, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulut Drs Roy Tumiwa menjelaskan bahwa ini merupakan sistem berbasis digital.
    “Saat ini para birokrat masa depan harus melakukan lompatan besar dalam pelayanan terhadap masyarakat,” tambah Kaban Tumiwa.

    Hadir dalam acara tersebut, Pj Sekprov Sulut Praseno Hadi, Asisten 3 Pemprov Sulut Asiano Gamy Kawatu, serta sejumlah pejabat eselon II Pemprov Sulut.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Expo APKO PKA, Marsel Silom Luncurkan Layanan 'PPA Reaktif Bermakna' Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top