• Berita Terbaru

    July 27, 2022

    elnusanews/com July 27, 2022

    Pj. Bupati Tamuntuan Tunjang Program Kemitraan Bumdes dan BAKTI Kementrian Kominfo


    SANGIHE, Elnusanews - Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan melaksanakan Penandatanganan Pernyataan Dukungan Program Kemitraan BumDes dalam Pemanfaatan Jaringan Telekomunikasi dan Informasi di Desa. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Badan Aksesbilitas Komunikasi dan Infromasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI di Jakarta, Selasa 26 Juli 2022

    Program Kemitraan BumDes dilaksanakan untuk menjembatani kesejangan digital di Indonesia dengan melibatkan BumDes sehingga terjadi Kemandirian dan Keberlanjutan Desa / Kampung dalam Pemanfaatan Telekomunikasi Dan Informasi Mengelola Potensi Wilayah Berbasis Digital Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

    Adapun manfaat program ini adalah : 

    1. PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN TELEKOMUNIKASI DAN INFORMASI Menjawab kebutuhan masyarakat akan hadirnya konektivitas internet yang stabil dan berkualitas. Masyarakat mendapatkan layanan Internet untuk kepentingan  Pendidikan, Kesehatan dan Pengembangan usaha berbasis digital. 

    2. UNIT USAHA BUMDES YANG MENGUNTUNGKAN 

    BumDes memiliki unit usaha baru bidang Teknologi Informasi yang menguntungkan, sehingga akan berkontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Desa untuk pembiayaan pembangunan di Desa. 

    3. PENYEDIAAN LAPANGAN KERJA Membuka peluang ketersediaan lapangan pekerjaan di Desa, sehingga akan mengurangi pengangguran dan urbanisasi angkatan kerja di Desa. Memberikan kemudahan dalam peningkatan Literasi Digital di Desa melalui pemanfaatan Internet. Peningkatan Ekonomi digital di Desa untuk peningkatan kesejahteraan Masyarakat. 

    Pelaksanaan Program ini dilakukan pada 3 BumDes yang ada di 3 Kampung masing-masing (Kpg. Lenganeng, Kpg. Pusunge dan Kpg. Utaurano) Kecamatan Tabukan Utara sebagi Pilot Project. Dan setelah penandatangan Pernyataan Dukungan Pemerintah, pada kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tripartit dengan BumDes di Kabupaten Kepulauan Sangihe secara daring antara : 

    1. Bakti –Internet Service Provider (Isp) PT. Infotek Global Network (IGN)  – BumDes Aldus (Kpg. Pusunge) 

    2. Bakti – Isp IGN – BumDes Manggesang (Kpg. Utaurano) 

    3. Bakti – Isp IGN – BumDes Puncak Anugrah (Kpg. Lenganeng) 

    Dalam sambutannya Pj. Bupati Kepulauan Sangihe menyambut baik dan Memberikan Apresiasi dan Dukungan penuh pelaksanaan Program ini dengan harapan Program ini berjalan baik sesuai manfaatnya dan sustanible sampai pada BumDes lainnya yang ada di Wilayah Kepulauan Sangihe. 

    "Disamping itu juga diharapkan BAKTI Kominfo ataupun Kementerian Terkait dapat memberikan fasilitas kegiatan Capacity Building di Desa berupa Pelatihan, Workshop, Seminar terkait Ekosistem Digital Desa dalam dukungan keberlangsungan Program ini", tutur Rinny. 

    "Terimakasih Kepada BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang sudah memfasilitasi pelaksanaan Program Kemitraan BumDes melalui Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi Badan Usaha dan dukungan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Stakeholder dan Pihak-pihak terkait", pungkas pj. Tamumnuan

    Selain melakukan penandatangan Pernyataan Dukungan Program Kemitraan BumDes, dalam kesempatan yang sama Pj. Bupati Kepulauan Sangihe juga mengajukan Surat Permohonan Kepada Direktur  Utama Bakti Kominfo Terkait Percepatan Pembangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) di 10 titik/Kampung Blank Spot Wilayah Kepulauan Sangihe dan Pengaktifan  kembali Akses Internet dalam membantu pelayanan kesehatan menggunakan internwt di 14 Puskesmas Induk Wilayah Kecamatan dan 10 Puskesmas Pembantu yang kondisi wilyahnya susah Mengakses Internet. 

    "Harapan kami ini segera dapat direalisasikan guna memperluas cakupan jaringan telekomunikasi dan akses internet di Wilayah blank spot  dan susah jaringan internet dalam mewujudkan program Pemerintah Pusat Menuju Indonesia Digital 2024. 

    Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Sarana dan Prasarana Ditjen PPDT Kemendes PDTT, Direktur Pengembangan Kelembagaan  Ekonomi Desa, Ditjen PEI Kemendes PDTT, Serta Pejabat yang mendampingi Pj. Bupati Kadis Kominfo Daerah dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Kab. Kepl. Sangihe. Disamping Itu hadir pula secara virtual Direktur Infotek Global Network, serta para Kapitalaung 3 Desa dan Ketua Bumdes dari ketiga kampung. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pj. Bupati Tamuntuan Tunjang Program Kemitraan Bumdes dan BAKTI Kementrian Kominfo Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top