• Berita Terbaru

    July 29, 2022

    elnusanews/com , July 29, 2022

    Bapenda Sulut Gelar Sertijab, OD-SK ingatkan Performance, Produk dan SDM ASN



    SULUT,Elnusanews - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala UPTD PPD Manado, Bitung, Minahasa, Mitra dan Bolmong, serta KTU UPTD PPD Tomohon dihadiri oleh Ass. III Sekdaprov Sulut Asiano G. Kawatu, SE M.Si. Kepala BKD Sulut, Clay June Dondokambey, dan Kepala Bapenda Provinsi Sulut, Olvie Atteng bersama jajaran. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Launching Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor tanggal 01 Agustus 2022. Sertijab berlangsung di Kantor Bapenda Sulut.

    Pada kesempatan itu, mewakili Pj Sekretaris Provinsi Sulut Praseno Hadi, Asiano Gamy Kawatu mengucapkan selamat bertugas bagi pejabat yang baru saja sertijab.

    "Selamat bertugas dan selamat berkarya. Diharapkan dalam waktu yang relatif singkat mampu bekerja dan menguasai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing. Baik kita tingkatkan, yang buruk diperbaiki," ungkap Kawatu.

    Pejabat yang dilantik harus menunjukan kepekaan dalam menangani sumber dana yang akan menjadi APBD Pemerintah Provinsi Sulut.

    "Selama ini kinerja pendapatan Bapenda relatif baik. Tetapi, kita ditantang untuk menggenjot pendapatan yang akan mengoptimalkan pembangunan," tuturnya.

    Berbicara pendapatan, kata Kawatu, merupakan suatu nafas anggaran dari sebuah organisasi. Termasuk Pemprov Sulut.

    "Mengelola itu memang sulit. Tapi, bagaimana mempertanggungjawabkan harus menjauhkan mental-mental yang seyogyanya tidak kita inginkan," kata dia.

    Kawatu mendorong pejabat administrator di Bapenda Sulut menjadi teladan.

    "Teman-teman ada yang baru masuk dalam keluarga besar Bapenda Sulut. Ada juga yang dimutasi dan dirotasi. Sepengetahuan saya sejak puluhan tahun menjadi ASN, institusi ini menjadi teladan bagi intitusi yang lain. Performa itu harus dipertahankan," ujar Kawatu.

    Sebelumnya, Kepala BKD Clay Dondokambey dalam arahannya mengatakan dengan dilaksanakannya serah terima jabatan proses administrasi tata kelola dan kepegawaian sudah berjalan.

    Clay sapaan akrabnya  menyampaikan beberapa hal penting yang ditekankan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

    "Yang pertama, performance, performance kantor. Terkait tata pakaian seorang ASN. "Atribut bukan gagahan tapi koridor. Pejabat administrator jangan tunggu instruksi kepala unit kerja. Tapi inisiatif," tegasnya. Selanjutnya yang kedua, produk. Produk yang berupa kebijakan, maupun produk administrasi dari kegiatan itu sendiri. Ingat publik menilai. Jangan tambah uturan dengan mssuknya penilaian buruk dari publik," katanya. Dan ketiga, peningkatan sumber daya manusia (SDM). Sehebat apapun kantornya hingga sumber daya peralatan apapun, kalau dalam otaknya perampok, ya perampok. Kalau bobrok ya bobrok. Masing-masing kita tahu batasan sebagai ASN. Tingkatkan kualitas, tingkatkan kompetensi, kinerja dan disiplin. Itu menjadi indeks penilaian profesionalitas sebagai ASN," pungkasnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bapenda Sulut Gelar Sertijab, OD-SK ingatkan Performance, Produk dan SDM ASN Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top