• Berita Terbaru

    July 28, 2022

    elnusanews/com July 28, 2022

    Pemkot Tomohon Komit Wujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender



    TOMOHON,Elnusanews - Pemerintah Kota Tomohon berkomitmen mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Dasar 1945. 

    “Salah satu adalah mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender adalah melalui pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan nasional,” kata Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME saat membuka kegiatan PUG di aula Rumah Dinas Walikota Tomohon, Kamis (28/7/2022).


    Kegiatan PUG pada lembaga pemerintah kewenangan kabupaten/kota saat ini, khususnya bagi SDM perencana perangkat daerah yaitu peserta dapat memahami pentingnya PUG termasuk perencanaan penganggaran responsif gender (PPRG) dan anggaran responsif gender (ARG). 

    “Anggaran responsif gender adalah anggaran yang responsif terhadap kebutuhan perempuan dan laki-laki yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dan keadilan gender,” tukasnya. 

    Melalui penganggaran yang responsif gender dapat diketahui sejauh mana dampak dari alokasi anggaran yang telah ditempuh pemerintah berpengaruh terhadap kesetaraan gender. 

    “Kita harus bisa memahami dengan jelas seperti apa perencanaan responsif gender juga anggraan responsif gender,” ujarnya. 

    Diketahui, perencanaan responsif gender adalah perencanaan yang dilakukan dengan memasukkan perbedaan, pengalaman, asprirasi dan kebutuhan permasalahan laki-laki dan perempuan. sedangkan ARG adalah anggaran yang mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan dalam perencanaan responsif gender tersebut. 

    Turut hadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon dr. John D. Lumopa, M.Kes, Narasumber Boas Wilar, dan peserta yang merupakan Kasubag Perencanaan dari semua SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

    (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Tomohon Komit Wujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top