• Berita Terbaru

    July 15, 2022

    elnusanews/com July 15, 2022

    Walikota Caroll Bersama Kepala Daerah se Sulut, Komit Membumikan Ideologi Pancasila



    SULUT,Elnusanews - Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menghadiri kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan 15 Kabupaten/Kota di Sulut dan Deklarasi Jejaring Panca Mandala Membangun Sinergitas Pembumian Pancasila di Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Kamis (14/07/2022).

    Wali Kota Tomohon bersama 14 Kepala Daerah lainnya Se- Sulawesi Utara dan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E. menandatangani Nota Kesepakatan antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan Pemerintah Provinsi Sulut dan 15 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara.

    Pada kegiatan ini dilaksanakan juga Deklarasi Jejaring Panca Mandala yang merupakan perwakilan Jejaring Panca Mandala Provinsi Sulawesi Utara dan 15 Kabupaten/Kota Se-Sulut.

    Dikatakan Gubernur Olly Dondokambey peresmian JPM Pembumian Pancasila di Sulut sekaligus Penandatangan Nota Kesepahaman, antara BPIP dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan juga dengan pihak penyiaran menjadi sebuah upaya tepat dalam mengantisipasi tantangan dan isu-isu negatif terhadap eksistensi Pancasila.


    Baca Juga:  Masa Pandemi Virus Corona Depri Pontoh Pimpin Rapat Sinkronisasi DTKS 2020


    “Pancasila yang sudah menjadi dasar negara harus kita pahami dan terus diimplementasikan nilai-nilainya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tandas Gubernur.

    Lanjut Gubernur, tujuan Pancasila yang terkandung di dalam UUD 1945 alinea ke-4 sepenuhnya dapat diwujudnyatakan bersama sebagai capaian akhir terhadap amanat tersebut.

    “Memperhatikan perkembangan teknologi dan kecepatan informasi saat ini, disadari maupun tidak disadari, telah menciptakan berbagai fenomena kehidupan baik yang mempengaruhi pemikiran masyarakat, sikap perilaku, gaya hidup, bahkan terjadi pengikisan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap nilai-nilai Pancasila.,” urai Olly.

    Hadirnya JPM yang terdiri dari unsur-unsur pendukung, baik Pemerintah, Dunia Usaha, Dunia Pendidikan, Media dan Organisasi, kata Gubernur, menjadi khalayak yang harus didukung sepenuhnya.

    “Kita sebagai masyarakat Indonesia, juga sebagai pemangku kebijakan di wilayah ini, harus mampu mewujudkan tujuan dari pembentukan JPM sebagai komitmen bersama untuk menjaga eksistensi Pancasila sebagai Ideologi Negara, juga meningkatkan peran masyarakat terhadap upaya-upaya Pembinaan Ideologi Pancasila.,” paparnya.

    Gubernur ajak semua pihak berkolaborasi dengan senantiasa memegang teguh komitmen terhadap daya dan upaya dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara melalui pemahaman dan pengamalan Pancasila yang nyata di tengah kehidupan masyarakat Indonesia dan Sulawesi Utara.


    Baca Juga:  Dugaan Mafia Solar, Olly: Kalau ada Kita Suruh Tangkap!


    “Kiranya, kita semua mampu mengoptimalkan kerjasama yang telah kita sepakati sebagai tanggungjawab bersama, terus dan tetap bergandengan tangan agar Pancasila tetap hidup dan menjadi pedoman dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tukasnya.

    Diharapkan juga, deklarasi Jejaring Panca Mandala di daerah Nyiur Melambai mampu menjadi sebuah bagian konkrit dalam mendukung seluruh program pembangunan daerah menuju Sulawesi Utara maju dan sejahtera, serta berkontribusi terhadap pembangunan nasional menuju Indonesia Maju. (roker/*)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Caroll Bersama Kepala Daerah se Sulut, Komit Membumikan Ideologi Pancasila Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top