• Berita Terbaru

    October 27, 2022

    elnusanews/com , October 27, 2022

    Gerakan Nasional BCL di Sulut Sukses Digelar



    SULUT,Elnusabews - Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, mencanangkan Gerakan Nasional “Bulan Cinta Laut” yang bertajuk “Laut Sehat, Indonesia Sejahtera” yang merupakan komitmen dalam menangani sampah di laut sebagai bentuk implementasi ekonomi biru. 


    Adapun pencanangan ini dilaksanakan secara offline di Bali dan secara virtual serentak di 14 titik di Indonesia Kamis 27/10/2022. 


    Selain menjadi salah satu langkah dalam mengurangi sampah di laut, Gernas BCL ini juga memacu sirkular ekonomi bagi nelayan dan masyarakat pesisir. Keterlibatan nelayan sebagai garda terdepan penjaga kesehatan laut menjadi kunci utama dalam Gernas BCL ini. 


    Di Provinsi Sulut sendiri Pencanangan Gernas BCL ini di hadiri oleh instansi terkait seperti Kepala Pebuhan Perikanan Samudera Bitung UPT KKP RI, ADI Candra, Kepala Dinas Kelautan Provinsi Sulut Tienneke Adam, dan ratusan perwakilan dari kelompok nelayan Sulut, yang dilaksanakan di Restoran Big fish Manado. 


    Kepala DKP Sulut Tienneke Adam mengatakan bahwa, Pencanangan Gernas BCL ini, Sulawesi Utara, Kota Manado salah satu daerah yang menghadiri pencanangan serentak di 14 Provinsi di Indonesia. 


    “Kami sangat mendukung gerakan ini supaya masyarakat nelayan dan warga pesisir bisa sama-sama menyadari, menjaga lingkungan masing-masing terutama ancaman sampah plastik, karna sampah plastik ini sangat mempengaruhi rantai makan, dan tentunya berdampak pada kehidupan manusia,” ujar Adam. 


    Adam juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dengan tidak membuang sampah, terlebih sampah plastik ke sungai yang nantinya akan hanyut ke laut.


    Kegiatan pencanangan Gernas BCL di Sulut ini, di akhiri dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah kelompok nelayan yang berpartisipasi dalam mengangkut sampah plastik dari laut dimana tempat mereka mencari ikan.


    Diketahui, KKP menggelar gerakan ini sejak awal Oktober 2022 di 14 wilayah pesisir Indonesia bersama 1.477 nelayan. Aksi bersih pantai dan laut ini juga dilaksanakan Kota Banda Aceh, Kota Medan, Kota Padang, Kota Tanjungpinang, Kota Serang, Kota Cirebon, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kubu Raya, Kota Balikpapan, Kota Kendari, Kota Manado, Kota Sorong, Kabupaten Badung dan Kota Merauke.


    (roker)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gerakan Nasional BCL di Sulut Sukses Digelar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top