• Berita Terbaru

    October 18, 2022

    elnusanews/com , October 18, 2022

    Media Gathering 2022 BSG-OJK: ‘Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat’


     

    SULUT,Elnusanews - Inklusi dan literasi keuangan bagi masyarakat dinilai penting agar akses keuangan dipahami secara benar oleh masyarakat demi peningkatan dan penguatan ekonomi di daerah.


    Hal itu terungkap pada kegiatan Media Gathering  yang diselenggarakan Bank SulutGo (BSG) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Hotel Luwansa Manado, Senin (17/10/2022) siang.


    Memang OJK terus mengebut program Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 agar masyarakat benar-benar memahami akses keuangan serta pemanfaatannya, terlebih dalam kondisi yang sulit.


    Dalam Media Gathering, baik OJK maupun BSG memaparkan Kondisi Terkini Industri Perbankan di Sulawesi Utara dan Gorontalo dalam tajuk ‘Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat’.


    Tentunya kedua lembaga ini (OJK dan BSG) berkomitmen kuat agar dalam Bulan Inklusi Keuangan (BIK) masyarakat di wilayah pelayanan BSG (Sulut dan Gorontalo) dapat meningkatkan akses keuangan, terlebih dalam memanfaatkan produk keuangan oleh masyarakat.


    Kepala OJK SulutGomalut Winter Marbun mengatakan, pihaknya memiliki target besar pada 2024, dimana 90 persen masyarakat menyadari dan memahami akses keuangan secara benar.


    Sasaran inipun, bukan hanya menjadi tanggungjawab lembaga industri keuangan, akan tetapi tanggungjawab seluruh masyarakat.


    “Ini harus menjadi perhatian semua pihak,” tandas Marbun.


    Pada kesempatan itu, Marbun merinci capaian kinerja perbankan sepanjang setahun di Sulawesi Utara dan Gorontalo, yang mengalami pertumbuhan positif.


    Ia menyebut bahwa kondisi Aset pada Agustus 2022 year on year (yoy), tercatat sebesar 11,01 persen. Tahun 2021 sebesar Rp71,5 triliun menjadi Rp79,3 triliun ( Agustus 2022).


    Sementara, Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 1,50 persen, dari Rp27,6 triliun menjadi Rp28 triliun pada Agustus 2022 (yoy) .


    Sedangkan Kredit tumbuh 6,76 persen, dari Rp40,3 triliun menjadi Rp43 triliun. LDR tumbuh 153,56 persen dan NPL tumbuh 3,42 persen.


    Begitu pula Tabungan Giro, lebih dimanfaatkan untuk pengembangan kegiatan usaha.


    “Pengurangan giro dan deposito, lebih kepada pemanfaatan dana untuk usaha dan kegiatan sehari hari,” kata Marbun.


    Sementara itu, Direktur Utama BSG Revino Pepah mengatakan, Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2022 dilaksanakan seluruh pelaku industri keuangan, baik perbankan, finance dan lembaga pembiayaan, maupun pasar modal. Hal ini dilakukan guna memberikan literasi dan pemahaman kepada masyarakat dalam menggunakan akses keuangan.


    Ia menjelaskan bahwa BSG sebagai salah satu pelaku industri keuangan di Sulawesi Utara dan Gorontalo melaksanakan Bulan Inklusi Keuangan.


    “Ini penting, karena inklusi keuangan itu turut menentukan industri keuangan yang baik dan kondusif,” ujar Pepah.


    Demikian pula kondisi bisnis yang ada saat ini, berada pada kondisi yang kondusif.


    “Sebab situasi yang kondusif ini yang paling penting dalam industri keuangan yang juga harus ditopang oleh industri yang baik,” tandasnya.


    Ia mereview pada dua tahun terakhir, dimana pandemi Covid-19 berdampak tidak nyaman pada industri keuangan.


    “Walaupun tidak nyaman, tetapi kita masih bertumbuh, karena industri keuangannya kondusif dan ekonomi makin kuat,” imbuh Pepah.


    Kedepan, meski diprediksi kondisi ekonomi bakal suram, akan tetapi pihaknya tetap menjaga agar industri keuangan (BSG) aman.


    “Jangan sampai terjebak pada pinjaman online ilegal. Kita terus mendorong inklusi dan industri keuangan kepada masyarakat. Juga tentang bagaimana konsumsi produk keuangan yang dimanfaatkan dengan benar,” pesan Pepah.


    Pada kesempatan yang sama Moren Mondigir dari OJK SulutGomalut menyampaikan program Bulan Inklusi Keuangan.


    Dialog dan pemaparan pada Media Gathering dipandu moderator Daniel Apriadi dari OJK SulutGomalut. Kegiatan ini diikuti wartawan, jajaran BSG dan OJK. 


    (ROKER/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Media Gathering 2022 BSG-OJK: ‘Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat’ Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top