• Berita Terbaru

    October 18, 2022

    elnusanews/com October 18, 2022

    Ketum Jodhi Yudono Sukses Lantik IWO Minut, Ini Pesan Gubernur Sulut


    MINAHASA, Elnusanews - Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Minahasa Utara resmi Dilantik bersama Pengurus Wilayah (PW) IWO Sulawesi Utara dan PD IWO Minahasa, Tomohon, Minahasa selatan di Benteng Moraya Tondano Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, senin 17 Oktober 2022.

    Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili  Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sulawesi Utara Weldie R Poli SP MA menyampaikan,  atas nama pemerintahan Sulawesi Utara mengucapkan selamat menjalankan kepercayaan kepada pengurus IWO yang baru dilantik. Harapannya, pengurus dapat melakukan tugas dan tanggungjawab dengan baik, selalu dalam bingkai totalitas, pemberian diri, pengabdian Dan eksistensi dalam organisasi Dan tekat yang kuat dalam berkontribusi kepada pemerintah lewat pembangunan yang ada di wilayah pemerintahan Sulawesi utara termasuk menyampaikan issu yang berkembang di tengah masyarakat.

    "Selamat kepada pengurus dan Terima kasih atas kritikan dan karya yang selama ini telah dilakukan untuk ikut dalam pembangunan dibumi nyiur melambai. Semoga IWO senantiasa  eksis menghadirkan wartawan yang berintegritas dan terpercaya, " ucapnya.

    Lanjutnya, Wartawan punya peran besar bagi bangsa. Wartawan diharapkan dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Diharapkan profesional dan mengajak masyarakat agar pulih lebi cepat dan bangkit lebih kuat dan berperan dalam pembangunan.

    Ada 4 point yang dipesankan Gubernur untuk eksistensi IWO kedepan :

    1. Hadirnya program dan agenda kerja IWO di   Sulawesi Utara yang semakin konstruktif. 

    2. Terciptanya hubungan kemitraan multipihak yang semakin sultif menjawab kebutuhan dan harapan yang pentagens. 

    3.Semakin kokohnya struktur kepengurusan IWO di provinsi Sulawesi utara. 

    4.Semakin kuatnya persatuan ikatan wartawan online yang ada di Sulawesi utara dalam mengisi ruang pembangunan daerah dan bangsa diberbagai aspek

    5. Semakin bersinergisnya langkah pemahaman dan visi komponen Ikatan wartawan online di Provinsi Sulawesi utara.

    "Saya berharap kita akan terus bersinergi membangun negara khususnya Sulawesi Utara. Dengan semangat bangkit bersama, sejahtera bersama kita berperan optimal melanjutkan cita-cita bangsa dan daerah, " kata Weldy mengakhiri sambutan Gubernur.

    Sementara, Ketua umum IWO pusat Yodhi Yudono mengatakan, wartawan harus ada di garda terdepan. Karena kita lebih tahu cara memberitakan dengan baik. Jurus kita adalah adil sejak dari pikiran. Adil artinya tidak boleh sepihak tetapi harus semua pihak agar pemberitaan kita Adil. IWO adalah bagian dari gerakan budaya. Membangun peradapan dan budaya yang memiliki ahlak yang baik.

    "Kehadiran kita bukan hanya menulis tetapi sebagai penjaga bangsa ini. Kita adalah anjing penjaga yang setia kepada tuannya. Tuan kita adalah rakyat Indonesia dan kebenaran. Musuh kita adalah mereka yang mau berbuat jahat kepada negeri ini, " pungkas Wartawan senior ini.

    Dikatakannya, Kehadiran wartawan banyak ancaman dan tekanan. Kita harus menjaga diri. Kita sering diintimidasi, bahkan tak sedikit mengalami penganiayaan.  "Saya sampaikan kepada semua wartawan online, IWO adalah rumah kita.. Kita tidak sendiri. Kita ada disini bukan hanya untuk IWO saja tapi untuk semua teman-teman wartawan lainnya. Kalau terjadi sesuatu dengan wartawan, IWO tidak akan tinggal diam. Kita akan saling mendukung, " tegasnya.

    Dari keterangan Yudono, IWO memiliki LBH yang dipimpin Sandi Nayoan yang berfungsi melindungi dan memberikan bantuan membantu wartawan jika mengalami masalah hukum saat menjalankan tugas jurnalis.

    Usai pelantikan, Ketua IWO Minahasa utara Deibby Malongkade  mengatakan, bahwa salah satu komitmen yang harus dipegang oleh semua yang tergabung dalam wadah IWO Minut, harus menjadikan kebenaran dalam setiap informasi ke publik. 

    “Kebenaran harus dikedepankan dalam setiap pemberitaan. Berita bohong atau hoax, harus ditangkal.” tegas Malongkade.

    Lanjutnya,  Intinya, selain menyajikan informasi ril, wartawan juga harus mengedukasi para pembaca dengan konten-konten positif, menjadi mitra pemerintah dalam membangun Kabupaten Minahasa utara. Lebih jauh, ia berharap pelantikan ini akan menjadi langkah awal untuk membangun peradaban yang lebih baik. “Termasuk menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah,” kuncinya.

    Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut dan IWO Sulut dalam rangka dukungan terhadap Reformasi Sistem Perlindungan Sosial melalui Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di Sulawesi Utara yang ditandatangani oleh Kepala BPS Asim Saputra yang juga pembina pengurus IWO Sulut bersama Ketua IWO Sulut Jein Rondonuwu. Dikatakan Rondonuwu, bahwa penandatangan ini merupakan langkah awal untuk dapat mewarnai pemberitaan di Sulawesi Utara dengan berita yang valid dan berkualitas.

    Hadir dalam pelantikan dan rapat kerja tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP,  Kapolres Minahasa, mewakili Bupati Minahasa Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Maya Kainde, pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka. (Tommy)


    STRUKTUR PENGURUS IKATAN WARTAWAN ONLINE KABUPATEN MINAHASA UTARA

    Dewan Pembina: 

    Bupati Minahasa Utara

    Wakil Bupati Minahasa Utara

    Ketua DPRD Minahasa Utara

    Kapolres Minahasa Utara

    Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Utara

    Ketua Pengadilan Minahasa Utara

    Komandan Kodim 1310 Bitung

    Komandan Kodim 1309 Manado


    Dewan Pakar: 

    Dr Jopie Rorie, SH. MH

    Dr Edwin Wantah, MPd, MAP

    Bobby Hamenda, SE, M.Si,

    Welly Sompie, SH

    William S Luntungan

    Davies Christian Lolowang


    Dewan Etik:

    Sekertaris Daerah Minahasa utara

    Taufik Tumbelaka

    Marpol Hetharia 


    Ketua: 

    Deibby Malongkade (www.viralberita.net) 

    Sekertaris: Suprobowati  Sari Dewi (Suluttimes.com)

    Bendahara: Jacqueline Karauwan (globalsatu.com)


    Bidang-Bidang

    Bidang Organisasi dan  Pengembangan

    Ketua: Josua Makarunsala (Inspirasi kawanua.com) 

    Anggota: 

    Tommy Makarunsala (Elnusanews.com)

    Robert E Lalenoh (Komentar.id)


    Bidang Sumber Daya Manusia dan Kaderisasi

    Ketua: Rommy A. Rorong (zonakawanua.com)

    Anggota: 

    Fransiska Salu (Goldennews.co.id)

    Gabriella Sekeon (Trigsberita.com) 


    Bidang Usaha dan Kesejahteraan Anggota

    Ketua: Iwan Suma (nyiurpost.com) 

    Anggota: 

    Melky Tumiwa (www.kawanuasatu.com) 

    Yusep Bagus Setiawan (Suarajurnalis.online) 


    Bidang Advokasi dan Hukum

    Ketua: Erwin Bongso (radiotrendyfm.com) 

    Anggota: 

    Diana Massie (KBRN rri.co.id)

    Royke Randang (koran-metro.com) 

    Vivi Pamikiran (komentarnews.com) 


    Bidang Hubungan Masyarakat

    Ketua: Jemmy Manopode (Sulutbasuara.com)

    Anggota : 

    Mesak Talungseke (Swarakwanua.id)

    Dean Suma (diansulut.com)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ketum Jodhi Yudono Sukses Lantik IWO Minut, Ini Pesan Gubernur Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top