• Berita Terbaru

    October 15, 2022

    elnusanews/com October 15, 2022

    KPU Minahasa Gelar Sosialisasi Varfak Parpol Pemilu 2024


    MINAHASA, Elnusanews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa menggelar sosialisasi pelaksanaan verifikasi faktual (Varfak) kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024, di Hotel Yama Resort Tondano, Jumat 14/10/2022.

    Kegitan tersebut dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Minahasa Lord Arthur Malonda didampingi oleh Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Lidya Malonda, Divisi Hukum dan Pengawasan Rendy Suawa, Divisi Teknis Penyelenggaraan Kristoforus Ngantung dan Partisipasi Masyarakat dan SDM pada Peter Maweikere. 

    Dikatakan Malonda bahwa, di era saat ini pers memiliki peran penting dalam mensukseskan pemilihan umum, oleh sebab itu peran pers sangat dibutuhkan untuk menyampaikan seluruh tahapan secara umum kepada masyarakat.

    “Pers adalah  salah satu kekuatan di masa modern, karena pers akan menyampaikan dan mensosialisasi seluruh program tahapan Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa kami sengaja mengundang para jurnalis pada saat ini.”kata Malonda. 

    Sementara, Divisi Teknis Penyelenggaraan Kristoforus Ngantung mengatakan pihaknya akan melakukan varfak mulai 15 Oktober sampai 4 November 2022 kepada 18 parpol. 

    “Sebanyak 18 partai akan kami verifikasi faktual (Varfak) yang akan dimulai pada 15 Oktober sampai 4 November 2022.” Terang Ngantung. 

    Dijelaskan Ngantung, untuk varfak ini pihaknya akan mengecek langsung keberadaan kantor, kepengurusan dan bahkan jumlah anggota. 

    "Kita akan mengunjungi sekretariat seluruh partai yang mendaftar. Artinya kita akan mencermati dan menelisik apakah benar seluruh berkas yang dimasukkan, termasuk kantor, keapsahan pengurus serta jumlah anggota.” Jelasnya

    Kegiatan Rakor dan Sosialisasi Dengan Pemangku Kepentingan Tentang Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Kaban Kesbangpol Minahasa Yanny Moniung, Kasat Intel Polres Minahasa AKP Destam Dumat dan Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Minahasa Erwien Sumampouw. 

    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPU Minahasa Gelar Sosialisasi Varfak Parpol Pemilu 2024 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top