• Berita Terbaru

    October 28, 2022

    elnusanews/com , October 28, 2022

    Bertajuk “Satoegaris” Jani Lukas Buka Pameran Perupa Muda se Sulut


    SULUT,Elnusanews – Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jani Lukas  secara resmi membuka Pameran Perupa Muda se Sulawesi Utara (Sulut) bertempat di Atrium UPTD dan Taman Museum Sulut, Jumat (28/10/2022).


    Pameran yang bertajuk “Satoegaris” tersebut menampilkan puluhan karya lukisan dan instalasi seni, dari para pemuda-pemudi di Sulut.


    Dalam arahannya, Jani Lukas mengatakan dirinya

    kagum dengan perupa muda di Sulut. 


    "Kualitas karya kalian tidak kalah dengan di Nasional. Saya bisa katakan ini karena sudah banyak mengunjungi pameran di luar daerah. Ini jadi suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri bagi Sulut," bebernya.


    Lanjutnya, sepanjang 2022, tempat ini sudah empat kali diadakan pameran seni. 


    "Sebelumnya dilaksanakan oleh para seniman senior. Saya pikir kualitasnya akan menurun jika diadakan oleh pemuda, tapi nyatanya kita lihat sendiri mereka tidak kalah saing dengan yang lebih tua,” tegasnya.


    Ia berharap kegiatan seperti ini bisa rutin diadakan.


    "Dinas Kebudayaan Sulut juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitasi semua kebutuhan kegiatan. Salah satunya dalam penganggaran. Kalau bisa ini digelar secara reguler. Kita juga usahakan supaya tahun depan sudah ada dana di sektor kesenian," ujarnya.


    Ini bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sulut bagi Perupa Muda, kata Lukas, yang sudah berkontribusi mengembangkan seni dan budaya di Nyiur Melambai.


    Sementara itu, Lutfi Madina selaku koordinator pameran mengatakan adapun tujuan utama kegiatan ini sebenarnya untuk menyatukan para seniman di Sulut, yang selama ini terkotak-kotakan. 


    "Baik dalam karya maupun cara berpikir. Seolah-olah jika gagasannya tidak sama, berarti tidak bisa berteman. Lewat momentum ini, kita gunakan semangat Sumpah Pemuda untuk mendobrak batasan-batasan itu. Walaupun dalam pelaksanaannya belum maksimal, tapi kami pikir ini sudah menjadi awal yang baik untuk gerakan ini,” tuturnya 


    Diketahui terdapat 37 karya seni yang ditampilkan dalam pameran ini, berasal dari perupa yang ada di Sulut. Mayoritas lukisannya juga bisa dibeli oleh pengunjung, sesuai nominal yang tertera di katalog penyelenggara.

    Kegiatan ini sendiri melibatkan 13 komunitas yang ada di Sulut. Dimana pelaksanaan pameran akan berlangsung sejak 28 Oktober hingga 6 November 2022.


    Selain pameran lukisan dan instalasi seni, terdapat juga rangkaian kegiatan lainnya seperti  workshop, diskusi kesenian dan kebudayaan, pemutaran film, dan sharing motivasi antar seniman. (roker/*)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bertajuk “Satoegaris” Jani Lukas Buka Pameran Perupa Muda se Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top