• Berita Terbaru

    October 31, 2022

    elnusanews/com October 31, 2022

    Pasca Dilantik, Dirut Perumda Air Minum Alfred Salindeho Tancap Gas


    BITUNG, Elnusanews - Pasca dilantik Direktur Perumda Air Minum Duasudara Alfred Salindeho menunjukan gebrakannya.

    Terbukti, Alfred menjalin kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkot Bitung guna memperbaiki kualitas layanan air bersih bagi masyarakat kota Bitung.

    Diketahui Alfred baru-baru ini dikukuhkan sebagai Direktur Perumda Air Minum Duasudara definitif. Ia diangkat menggantikan Plh Direktur Joubert Kussoy pada Rabu (26/10/2022) lalu. Dengan latar belakang akademisi sekaligus pengusaha, ia dipercaya mampu membawa perbaikan.

    Alfred langsung merespons harapan tersebut. Sebagai langkah awal, ia menjalin komunikasi dengan Dinas PUPR untuk bekerjasama. Selain untuk meningkatkan kualitas layanan air bersih, kerjasama itu bertujuan menambah sambungan baru di masyarakat.

    Kerjasama Perumda Air Minum Duasudara dan Dinas PUPR diresmikan Jumat (28/10/2022). Bertempat di Kantor Dinas PUPR di bilangan Wangurer, Kecamatan Madidir, Alfred dan Rizal Sompotan selaku Plt Kepala Dinas PUPR menandatangani kesepakatan kerjasama. Kedua pihak menegaskan komitmennya untuk saling menopang satu sama lain.

    Dalam keterangan tertulis yang diterima beberapa wartawan Alfred membeber perihal kerjasama dimaksud. Menurut dia, inti dari kerjasama itu terkait pengalokasian anggaran guna mendukung peningkatan layanan air bersih.

    "Kami bekerjasama dengan Dinas PUPR demi kepentingan layanan air bersih bagi masyarakat. Kepentingan itu terkait pemenuhan target Sambungan Rumah (SR) sebanyak 7.600 sambungan," katanya.

    Penambahan SR ini berhubungan dengan perluasan jangkauan layanan Perumda Air Minum Duasudara. Diharapkan dengan semakin banyaknya rumah yang jadi pelanggan, kualitas layanan air bersih bagi masyarakat akan ikut meningkat.

    "Ini juga terkait realisasi program NUWSP (National Urban Water Supply Project,red). NUWSP ini program yang diluncurkan pusat sehingga kita di daerah wajib mendukungnya,"ujarnya.

    Lebih lanjut, Alfred membeber poin kesepakatan Perumda Air Minum Duasudara dengan Dinas PUPR. Founder Sekolah Tinggi Bisnis dan Manajemen (STBM) Duasudara ini menyebut ada empat poin yang jadi intisari kerjasama.

    "Poin pertama, Dinas PUPR akan mengalokasikan dana sebesar Rp 6 miliar untuk pembangunan jaringan pipa sekunder dan tersier di zona 2 dan 3. Pembangunan jaringan pipa ini untuk mendukung perbaikan kualitas layanan dan penambahan Sambungan Rumah sebagaimana perencanaan Perumda Air Minum Duasudara. Kemudian poin kedua, Perumda Air Minum Duasudara akan melakukan percepatan Sambungan Rumah untuk memenuhi sisa target dalam nota kesepakatan program NUWSP, yaitu sebanyak 7.600 Sambungan Rumah baru," ungkapnya.

    Selanjutnya, pada poin ketiga berisi kewajiban Dinas PUPR terkait pengalokasian dana Rp 6 miliar. Sesuai kesepakatan, dana tersebut akan diperjuangkan terakomodir dalam APBD Pemkot Bitung tahun 2023.

    "Dan pada poin keempat, Perumda Air Minum Duasudara berkewajiban merealisasikan target Sambungan Rumah baru sampai tanggal 31 Desember 2023. Itu batas waktu yang kita sepakati bersama menyangkut kerjasama ini," tutur Alfred.

    Terpisah, Rizal Sompotan membenarkan adanya kerjasama dimaksud. Ia menyatakan hal itu sebagai bentuk sinergitas mewujudkan rencana pembangunan daerah dalam hal pemenuhan layanan air bersih.

    "Seperti yang sering disampaikan Pak Walikota dan Wakil Walikota, kita diminta untuk bekerja secara gotong royong memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena itulah kami menyambut baik upaya kerjasama yang diajukan Perumda Air Minum," katanya.

    Rizal pun mengaku siap menjalankan kesepakatan dalam kerjasama itu. Dinas PUPR kata dia, akan mematuhi peran yang disepakati sesuai ketentuan yang berlaku. Pihaknya akan segera melaporkan hasil kerjasama itu kepada pimpinan.

    Penandatanganan kesepakatan kerjasama di atas disaksikan sejumlah pihak. Dari Dinas PUPR ada Kabid Sumber Daya Air Noorke Ibrahim, sedangkan dari Perumda Air Minum Duasudara ada Dewan Pengawas Jeffry Wowiling, Manajer Umum Joubert Kussoy, dan Humas Perumda Hezky Goni. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pasca Dilantik, Dirut Perumda Air Minum Alfred Salindeho Tancap Gas Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top