• Berita Terbaru

    December 18, 2016

    Elnusanews , December 18, 2016

    Reses Ditiga Desa, Tuuk Fokuskan Pada Sektor Pendidikan, Pertanian dan, Perikanan

    Foto : Ir Julius Jems Tuuk saat reses di desa Pinagulaman, Kecamatan lolak, kab Bolmong
    BOLMONG,Elnusanews -  Warga masyarakat di tiga desa yakni, Desa Pinagoluman, Desa Nonapan Baru dan, Desa Pasir Putih, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengeluhkan kurangnya bantuan yang masuk ke wilayah tersebut khususnya pada  sektor perikanan, pendidikan dan pertanian.

    Hal tersebut diungkapkan warga di tiga desa saat anggota DPRD provinsi Sulut, Ir Julius Jems Tuuk melaksanakan kegiatan reses di Daerah Pemilihan (Dapil) yakni Bolmong.

    Warga desa yang kesehariannya bermata pencaharian sebagai petani, nelayan dan, tukang  ini meminta agar semua aspirasi yang disampaikan bisa diperjuangkan. 

    Seperti apa yang diungkapkan oleh salah satu warga yang ada di desa Nonapan baru, Kecamatan Poigar Selty Gerungan. Gerungan yang berprofesi seorang petani meminta dicarikan solusi agar setiap masa panen tanaman jagung bisa diikuti dengan kenaikan harga pula.

    Foto : Ir Julius Jems Tuuk saat reses di desa Nonapan Baru, Kecamatan Poigar, kab Bolmong
    "Dahulu, jagung jika dipanen harganya diatas dan kalau dia  (Red jagung) turun sampai 2500 lima tahun yang lalu. Dan, tahun ini juga kalau dipanen bisa bisa di harga 2000 sedangkan pupuk kian hari kian naik, pertanyaan kami apakah bapak bisa mencari solusikan mengenai permasalahan ini," ungkapnya.

    Keluhan yang lain juga disampaikan oleh warga dari desa Pasir Putih, Kecamatan Sangtombolang. Di desa yang sebagian besar masyarakatnya merupakan nelayan ini memintakan agar diberikan bantuan Katinting (Perahu. Selain itu juga para warga meminta agar dibuatkan jalan produksi, tenaga kesehatan serta tenaga pendidik.

    Foto : Ir Julius Jems Tuuk saat reses di desa Pasir Putih, Kecamatan Sangtombolang, kab Bolmong
    Menanggapi keluhan dan pertanyaan dari para warga masyarakat tersebut, Tuuk yang didampingi oleh staf dari sekretariat DPRD Sulut, Glad Taliawo mengatakan terkait dengan redahnya harga jual tanaman jagung, dirinya akan mencarikan solusi. Bahkan dirinya juga berjanji akan mengusahakan pengadaan mesin perontok jagung bagi masyarakat petani yang ada di desa Nonapan baru.

    Sementara itu, terkait dengan aspirasi dari masyarakat di desa Pasir Putih, Tuuk meminta agar masyarakat nelayan untuk dapat membentuk kelompok usaha dan membuat proposal permohonan bantuan perahu yang di tanda tangani oleh sangadi setempat untuk diusulkan ke dinas terkait. Dan untuk usulan penambahan tenaga guru dan kesehatan, Tuuk berjanji akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan dinas kesehatan provinsi, karena menurutnya dalam menyerap aspirasi ada tiga sekat kewenangan yang harus diperhatikan diantaranya, kewenangan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Reses Ditiga Desa, Tuuk Fokuskan Pada Sektor Pendidikan, Pertanian dan, Perikanan Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top