• Berita Terbaru

    December 20, 2016

    elnusanews/com , December 20, 2016

    OD-SK Hadiri Peresmian Kodam XIII Merdeka

    SULUT,Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O.E Kandouw menghadiri Peresmian Kodam XIII Merdeka tepatnya lapangan Makodam Teling Manado, Selasa (20/12/2016).

    Dalam sambutan Gubernur mengatakan banyak selamat atas diresmikan Kodam XIII Merdeka dan selamat bertugas serta berkarya kepada Pangdam Mayor Jendral TNI Ganip Warsito SE.MM yang membawahi Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo.

    "Hari ini sejarah terukir di.Nyiur Melambai seiring  dengan diaktifkannya kembali Kodam XIII Merdeka yang pernah berdiri pada tahun 1957 dan dinonaktifkan kembali pada tanggal 12 februari 1985 melalui SK No : Skep/131/11/1985 tentang liquidasi kodam dan Kodam XIV Hasanudin menjadi kodam Wirabuana," kata Olly.

    Lanjut Gubernur diaktifkan Kodam ini utamanya untuk menjaga kedaulatan Negara dari ancaman masuknya pengaruh ideologi asing, terjadinya kegiatan kejahatan lintas negara (trans nasional crimes), ilegal fishing, perdagangan manusia (woman and child trades traffiking), imigran gelap (illegal immigrants), penyeludupan manusia (people smugging), peredaran narkotika pintu masuk teroris dan perompakan serta ancaman stabilitas nasional lainnya.

    "Dengan kehadiran kodam ini semakin memantapkan langkah pemerintah daerah mewujudkan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang di kawasan indonesia timur karena dengan afanya kodam ini akan diikuti dengan distribusi personil dan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana termasuk Alutsista (alat utama sistem senjata) akan semakin meneguhkan stabikitas keamanan daerah," tegasnya.

    Kiranya kodam XIII merdeka dibawah kepemimpinan Pangdam Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM dapat bersinergi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Sulut demi capain pembagunan yang semakin progresif dari waktu ke waktu.

    "Akhirnya, selamat bertugas dan bergabung menjadi bagian dari masyarakat Bumi Nyiur Melambai," tutup Gubernur.

    Kepala Staf TNI Ankatan Darat Jendral TNI Mulyono meresmikan Kodam XIII merdeka, Turut hadir Pejabat Tinggi di lingkup TNI / Polri,  Forkopimda Sulut, Bupati/ Walikota se Sulut, pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OD-SK Hadiri Peresmian Kodam XIII Merdeka Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top