• Berita Terbaru

    December 21, 2016

    Elnusanews , December 21, 2016

    Ini Hasil Polling "SIX HABIT" Legislator DPRD Versi Forward Sulut

    DEPROV,Elnusanews - Sebagai salah satu pilar dalam melakukan fungsi kontrol terhadap kinerja dari para anggota dewan, media dipandang perlu dalam mengevaluasi setiap pola dan tingkah laku dari para anggota DPRD, seperti apa yang dilaksanakan oleh  para wartawan pos  peliputan DPRD Sulut. 

    Wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan DPRD Sulut (Forward), Rabu (21/12) menggelar diskusi akhir tahun 2016 guna membahas dan memilih langsung para anggota DPRD Sulut dari beberapa kategori nominasi.

    Kegiatan diskusi yang bertagline FORWARD AWARD 2016 ini melakukan pembahasan yang dirangkaikan dengan pemilihan dengan cara polling yang melibatkan 33 dari 55 anggota Forward Sulut dan menghasilkan pemenang di 6 kategori yakni: kategori Paling Kritis, kategori Paling Disiplin/Rajin, kategori Paling Kontroversi, kategori Terfavorit, kategori Terbaik dan kategori Termalas.

    Dalam kategori pemilihan nominasi pemenang dinilai berdasarkan indikator indikator yang telah dibahas sebelumnya seperti, kategori anggota dewan paling kritis, dimana indikatornya adalah anggota dewan tersebut sering mengkritisi baik lembaga eksekutif maupun legislatif, begitu juga dalam pemberitaan media ataupun dalam setiap agenda rapat paripurna. Sedangkan untuk kategori paling disiplin dilihat dari kehadiran tepat waktu pada rapat-rapat, baik dalam rapat paripurna ataupun  rapat-rapat lainnya. Untuk kategori paling malas indikatornya dilihat dari sering tidak hadir atau kadang terlihat dalam rapat-rapat maupun kehadiraanya di kantor.

    Mekanismenya dalam pemilihan ini dengan cara mengusulkan calon oleh masing-masing anggota Forward. Dari nama-nama anggota DPRD yang terjaring di masing-masing kategori, kemudian masing-masing anggota Forward kembali menyebutkan satu nama anggota dewan. Dari nama-nama yang disebutkan kemudian dicari tiga nama terbanyak masuk sebagai kandidat.

    Satu dari tiga kandidat peraih suara terbanyak di masing-masing kategori ditetapkan sebagai pemenang FORWARD AWARD 2016.

    Hasil polling menghasilkan Julius Jems Tuuk (PDIP) pemenang dikategori anggota dewan Paling Kritis menyisihkan dominasi lainnya yakni, Denny Sumolang (PKPI) dan Felly Runtuwene (Nasdem).

    Di kategori Paling Disiplin dan Paling Rajin dimenangkan oleh Ferdinand Mewengkang (Gerindra) yang menyisihkan Ferdinand Mangumbahang (Gerindra) serta Andrei Angouw (PDIP) dan Rocky Wowor (PDIP) yang memiliki jumlah suara sama.

    Sedangkan untuk kategori Terfavorit diraih oleh Wenny Lumentut (Gerindra), disusul Jems Tuuk (PDIP) di posisi kedua dan Amir Liputo (PKS) posisi ketiga.

    Sementara pada kategori legislator Terbaik menghasilkan 3 nama yakni: Jems Tuuk (PDIP), Wenny Lumentut (Gerindra) dan Amir Liputo (PKS).

    Menarik, selain 4 kategori positif, FORWARD AWARD 2016 juga memilih legislator Paling Kontroversi dan legislator Termalas.

    Di kategori Paling Kontroversi berada di posisi pertama Marvel Dicky Makagansa (PDIP), disusul Kristovorus Deky Palinggi (Golkar) dan Marthen Manopo (Demokrat).

    Sementara di kategori yang paling tidak disukai yakni kategori Termalas, terpilih Eva Sarundajang (PDIP) berada di urutan pertama, disusul Mursan Ardiansyah Imban (PAN) dan Marlina Moha Siahaan (Golkar).

    Ketua FORWARD Sulut, Raymond Legi mengatakan, pemilihan berdasarkan indikator-indikator yang disepakati seluruh wartawan yang hadir.

    “Misalnya Legislator Terkritis indikator diantaranya sering berbicara di forum, pernyataan bernilai untuk kepentingan masyarakat, kritis terhadap kebijakan eksekutif.  Termalas: malas hadir, malas berbicara. Terkontroversi: sempat menjadi berita heboh, gaya hidup. Favorit: terbuka dengan pers, mudah dikonfirmasi dan lainnya,” kuncinya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Hasil Polling "SIX HABIT" Legislator DPRD Versi Forward Sulut Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top