• Berita Terbaru

    February 01, 2018

    elnusanews/com , February 01, 2018

    OLLY Sebut Tulude Sebagai Ajang Promosi Daerah

    SIAU,Elnusanews - Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan menghadiri Upacara Adat Tulude Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro, yang digelar di Lapangan Akimsimbeka, Rabu (31/1/2018) malam.

    Dalam sambutannya, Gubernur Olly mengatakan, upacara adat Tulude 2018 ini sangat menjadi satu budaya yang selalu kitaharus dukung penuh, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten kota.

    "Karena budaya Tulude ini sudah bukan jadi budaya orang Sanger lagi, tapi sudah membudaya ke semua pesisir Kabupaten Kota yang ada di Sulut. Jadi, saya kira itu sudah menjadi budaya yang harus kita pelihara terus sebagai masyarakat, sebagai penduduk Sulut, karena ini sudah menjadi suatu agenda pariwisata bagi provinsi Sulut. Maka dengan itu, melihat esensi gelar budaya adat Tulude yang akan nilai-nilai budaya, baik religius,  maka menjadi kesukacitaan sendiri bagi kita pemerintah dan masyarakat Sitaro tetap solid dalam melestarikan  kebudayaan ini sebagai aset daerah dan sumber daya pembangunan kedepan," ungkapnya.

    Lanjutnya Tulude ini merupakan warisan leluhur yang sangat menarik, khas dan unik yang tidak akan ditemukan di tempat lain di luar Sulawesi Utara.

    "Karena ini, merupakan warisan budaya yang penuh makna dan sarat nilai-nilai keimanan terhadap Tuhan yang Maha Kuasa. Dapat dikatakan, bahwa adat Tulude merupakan harta tak ternilai dari Sang Pencipta bagi warga etnis kepulauan nusa utara. Sebuah warisan budaya yang memiliki unsur religius," terang Olly.

    Akhiri sambutannya dirinya mengucapkan banyak terimakasih atas undangan untuk menghadiri acara Tulude di Kabupaten Sitaro ini. Semoga harapan kita kedepan Kabupaten Sitaro ini tetap lebih hebat sehingga kita bersama-sama bisa melihat bagaimana pak Presiden Jokowi bisa datang di Kabupaten Sitaro.

    Hadir dalam upacara tersebut Ketua TP-PKK  Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan, mantan Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil, sejumlah anggota DPRD Sulut, Forkompinda Sulut, Ketua Dharma Wanita Sulut Ivone Silangen-Lombok, sejumlah Pejabat Eselon II Pemprov Sulut, Bupati Sitaro Tonny Supit bersama ibu, Ketua dan anggota DPRD Sitaro, Forkompinda Sitaro, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta para tamu undangan.

    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OLLY Sebut Tulude Sebagai Ajang Promosi Daerah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top