• Berita Terbaru

    February 27, 2018

    Raka Kasim February 27, 2018

    Angka Putus Sekolah Terus Ditekan, Ini kata Tinamonga

    BOLMUT Elnusanews – Pemerintah Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus melakukan pembenahan dalam meningkatkan Angka Partisipasi Sekolah (APS). Melalui rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmut pada Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dalam Angka tahun 2017, presentase penduduk Bolmut usia sekolah 7-18 tahun, tercatat sebanyak 19.391 jiwa. Dari angka ini, sebanyak 18.003 (92,9 %) diketahui masih bersekolah, dan sisanya sekitar 1.388 (7,1%) berstatus putus sekolah. Menariknya lagi, pada usia 7-18 tahun ini, tercatat tidak ada satupun penduduk yang belum pernah bersekolah atau tidak pernah mendapat perhatian dibidang pendidikan oleh pemerintah kabupaten Bolmut. 
    Capaian ini tidak lain adalah hasil kerja nyata yang terus dipacu oleh pemda Bolmut dalam rangka peningkatan pendidikan selama empat tahun terakhir ini serta sebagai usaha mencapai target rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) lima tahun pemerintah daerah. Bahkan dari rilis data BPS tahun 2017 lalu, Angka Partisipasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) terkait keberhasilan program pendidikan terbilang cukup tinggi, yakni pada persentase 95,68 dan 107,49 untuk tingkatan SD/sederajat serta 80,85 dan 90,41 untuk tingkatan SMP/Sederajat, dan 76,33 dan 86,36 untuk SMA/sederajat. 
    Menanggapi hal tersebut, Ketua Pengurus Besar Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow (PB KPMIBU) Ramlan Tinamonga yang dihubungi awak Elnusanews pada selasa (27/02/2018) pagi tadi sangat mengapresiasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan Angka Partisipasi Sekolah ini. 
    “Kami Berharap agar angka Partisipasi Sekolah ini terus ditingkatkan. Hal ini tentunya akan berbanding lurus dengan peningkatan SDM kita di Bolmut,” ujarnya. 
    Tinamonga juga berharap agar putra-putri pelajar dan mahasiswa Bolmut yang sekarang sedang menempuh pendidikan agar terus melanjutkan pendidikan. 
    “Untuk kawan-kawan pelajar dan mahasiswa, tentunya kita semua berharap agar keinginan melanjutkan pendidikan dapat terus ditingkatkan. Apalagi mendekati ujian nasional seperti ini, kami berharap agar putra-putri Bolmut tidak cepat puas dengan pendidikan yang ada sehingga mereka tetap berkeinginan melanjutkan studi sampai kejenjang yang lebih tinggi lagi,” harapnya. 
    Berdasarkan statistik Kabupaten Bolmut dalam angka tahun 2017, capaian pembangunan pusat pendidikan di Kabupaten Bolmut terdiri atas, 88 unit gedung SD, 4 unit gedung Madrasah Ibtidayah, 20 unit gedung SMP, 8 Unit gedung Madrasah Tsanawiah, 4 unit gedung SMA, 4 unit gedung SMK, dan 11 unit gedung Madrasah Aliyah. Data-data ini diambil dari Badan Pusat Statistik Kab Bolmong (Kabupaten Bolmut Dalam Angka Tahun 2017). (AK)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Angka Putus Sekolah Terus Ditekan, Ini kata Tinamonga Rating: 5 Reviewed By: Raka Kasim
    Scroll to Top