• Berita Terbaru

    February 26, 2018

    Elnusanews February 26, 2018

    Tombeng Berharap Disnaker lakukan Upaya Untuk Menekan Pengangguran


    DEPROV,Elnusanews - Anggota Legislator DPRD Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) Herry Tombeng menegaskan Angka pengangguran yang cukup tinggi dalam suatu daerah akan berdampak bagi sejumlah sektor seperti masalah sosial, dalam artian masalah sosial yang timbul bisa menjurus pada sikap intoleransi masyarakat.

    Hal ini dikatakan Tombeng saat rapat evaluasi kinerja Komisi IV dengan Mitra Kerja SKPD Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi provinsi Sulut, Senin (26/02) siang.

    "Masalah pengangguran berdampak pada masalah sosial. Bukan mustahil dengan masalah pengangguran bisa berdampak pada intoleransi, karena ini masalah perut," tegas Tombeng.

    Dengan masalah tersebut, Tombeng berharap, dinas terkait perlu melakukan upaya-upaya lebih dalam menekan angka pengangguran terlebih ketersediaan lapangan kerja. 

    Menyikapi itu, Kadisnakertrans Sulut Erny Tumundo menjelaskan, pihaknya telah melakukan sejumlah program dalam menekan angka pengangguran di Sulut, namun perlu penunjangan dari dinas-dinas yang lain.

    "Sebagai contoh, pengalaman yang kami alami dalam 2 tahun belakangan merekrut tenaga kerja dari SMK kualitasnya tidak beda jauh dari SMA yang notabene sekolah umum, mulai dari rekrutmen ke jepang dan job fair, sangat memgecewakan sekali. Disini, Dinas Pendidikan perlu ada upayb Baik kapasitas maupun kapabilitas. Sehingga seleksi, kami sudah berupaya melakukan latihan, namun dalam seleksi sangat di bawah nilainya," ungkap Tumundo.

    Selain itu, dinasnya juga, lanjut Tumundo, melakukan sejumlah program seperti pelatihan dan job fair.

    "Yang dilakukan sebetulnya lapangan pekerjaan banyak yang membutuhkan, namun dari target kami 2017 cukup menggembirakan dari sisi data dimana dari 400 orang, yang mendapat penempatan 1500 naker," jelas Tumundo.

    Selain itu, sejumlah perusahaan ritel juga mendapat advokasi untuk menempatkan sisi strategis di perusahaan terhadap naker daerah.

    "Seperti di Alfamart dan Transmart, sudah 80% anak daerah yang jadi supervisor dan HRD. Upaya ini sudah kita ambil, kami juga dinas melakukan kajian-kajian yang dibutuhkan. Dengan harapan menekan angka pengangguran," tutupnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tombeng Berharap Disnaker lakukan Upaya Untuk Menekan Pengangguran Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top