• Berita Terbaru

    February 21, 2018

    elnusanews/com , February 21, 2018

    Ini "Curhat" Gubernur Olly Kepada Pimpinan KPK

    Gubernur Sulut Olly Dondokambey Saat Bawakan Sambutan.
    Gubernur Sulut Olly Dondokambey Saat Bersalaman Dengan Pimpinan KPK Basaria Panjaitan.
    SULUT,Elnusanews - Gubernur Sulut Olly Dondokambey menitip pesan kepada Pimpinan KPK Basaria Panjaitan untuk sampaikan kepada Presiden Jokowi.

    Pesan Gubernur Olly tersebut saat bawakan sambutan pada Rapat Koordinasi dan Supervisi Pemberantasan Korupsi yang dihadiri langsung oleh Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan.
    Rabu (21/2/2018) pagi, di ruang CJ. Rantung kantor Gubernur Sulut.

    "Saya (Olly) mau titip buat ibu Basaria mudah-mudahan, ibu bisa menyampaikan kepada bapak Presiden Jokowi, bagaimana pekerjaan gubernur dan walikota/bupati untuk menghadapi tantangan-tantangan ditengah-tengah masyarakat saat ini, dengan kemampuan masing-masing untuk menghadapi setiap gejolak yang ada di masyarakat tetapi penghargaan pemerintah terhadap gubernur dan walikota/bupati yang sampai saat ini, saya baru merasakan setelah dua tahun saya menjadi Gubernur. Bagaimana saya harus siap terus berhadapan dengan masyarakat, dengan kemampuan finansial penghargaan pemerintah terhadap kami disini," ungkap Olly.

    "Gaji kami cuma Rp.5.800.000 dengan tunjangan-tunjangan yang harus at cost, pertanggungjawaban begitu at cost, memang saya dapat 85 juta setiap sebulan untuk kegiatan seorang gubernur, tetapi itu semua at cost yang harus saya lakukan. Yang datang kerumah gubernur itu begitu banyak orang membawa proposal dan segala macam, namun saya sangat bersyukur ibu Basaria (pimpinan KPK), karena saya punya kemampuan lain dalam menghidupi keluarga dan rumahtangga saya, tapi saya yakin dan percaya pasti bupati/walikota tidak mencukupi dengan kemampuan ini tak mungkin dia hidup. Jadi, kalau ibu Basaria (Pimpinan KPK) bisa mengatakan kepada pemerintah pusat, saya kira pemberantasan korupsi pasti akan berhasil, tapi kalau tak bisa dilanjutkan terus jangan berharap ada perbaikan-perbaikan didalam kehidupan seorang eksekutif kedepan nantinya, saya kira itu titip saya buat ibu Basaria semoga Tuhan selalu menyertai kita," beber Olly.

    Pimpinan KPK Basaria Panjaitan mengatakan titipan pesan dari gubernur itu siap disampaikan ke presiden.

    "Pesan pak gub nanti saya sampaikan," janjinya.
    Ibu berkacamata ini menyarankan gubernur memanfaatkan sumber daya alam daerah.

    "Sulut kita tahu penghasilan sumber daya alamnya. Saya tadi nginap di Hotel Fourpoint, saya lihat banyak turis. Dalam hati saya pemasukan dari turis cukup banyak. Itu bisa dimanfaatkan," ucapnya.

    Di sisi lain, pada kesempatan itu ia menyebutkan tugas KPK yang jarang dipublikasikan.

    "Tugas KPK selain melakukan koordinasi dan pencegahan serta penyelidikan dan penuntutan. Satu lagi tugas kami adalah monitoring. Tugas ini membuat kajian yang dianggap perlu untuk segera dilaksanakan oleh pemerintah," terangnya.

    Ia membeberkan kajian yang dibuat KPK, antara lain kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan sumber daya alam. "Termasuk buat kajian tahun lalu sudah diinformasikan ke partai politik (parpol)," ujarnya.

    Ia menyebutkan dari kajian mereka ada empat poin yang harus menjadi atensi parpol agar terhindar dari korupsi.

    "Pertama berbicara rekrutmen parpol, kedua kaderisasi anggota dr parpol. Kalau baik dari rekrutmen kita harap suatu saat mampu dan bisa jadi calon dan duduk kepala daerah, setelah direkrut bagus dikader bagus sudah harus didampingi dengan adanya kode etik. Itu harus diikuti sehingga dia benar baik dan integritas baik. Terakhir, tentang perlu transparansi dana partai," bebernya.

    Turut hadir Forkopimda Sulut, Wakil Gubernur Sulut Walikota/Bupati, Perwakilan Kemendagri, BPK, BPKP, Pejabat Pemprov Sulut.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini "Curhat" Gubernur Olly Kepada Pimpinan KPK Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top