• Berita Terbaru

    February 07, 2019

    Elnusa News , February 07, 2019

    2018, Investasi Masuk Sulut Lampaui Target Sebesar 14 Triliun

    Kepala Dinas PM-PTSP Daerah Provinsi Sulut, Henry Kaitjily.

    SULUT,Elnusanews - Kepala Dinas PM-PTSP Daerah Provinsi Sulut, Henry Kaitjily menyatakan target investasi Sulawesi Utara (Sulut) pada tahun 2018, Dinas PM-PTSP Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencapai 14 Triliun dan ini sudah melampaui target yang ada sebesar 2,5 Triliun.
    Hal tersebut dikatakan Henry Kaitjily kepada elnusanews.com, Rabu (6/2/2019).
    Dijelaskan Kaitjily capaian investasi 2018 totalnya senilai 14 Triliun ini gabungan antara yang melaporkan dan diterima dalam sistem BKPM.
    "Sehingga yang mereka dibekukan dalam sistem BKPM senilai 8,3 Triliun dan target daerah 2,5 Triliun sedangkan target dari BKMP sendiri mencapai 6,7 Triliun. Jadi meningkat sekira 122 persen dan melewati target yang ada," bebernya.
    Kadis PM-PTSP Sulut mengatakan tahun 2018 Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Provinsi Sulut lebih tinggi dari pada Penanaman Modal Asing (PMA).
    "Namun BKPM mempunyai tujuan lain memunculkan
    PMA sehingga dinilai tidak ver dengan pemerintah provinsi. Tapi fenomena yang ada dikita, PMDN meningkat berarti ada kepercayaan orang indonesia terhadap daerah. PMA juga meningkat tapi PMDN lebih meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Nah 14 Triliun ini adalah rekor untuk provinsi yang selama ini paling tinggi hanya capai 10 Triliun," tuturnya.
    Kedepan kata Kaitjily pelayanan kepada investor harus dimaksimalkan, perijinan mengikuti mekanisme perundang-undangan, webside untuk promosi investasi yang ada.
    "Dan tak kalah penting yakni kerjasama Pemerintah Provinsi dengan 15 Kabupaten Kota di Sulut,” katanya. Menurutnya, Kabupaten/Kota harus proaktif, jangan banyak diam, sebab potensi investasi ada disana.
    Sinergitas antara provinsi dan kabupaten kota salah satu indikator penting untuk ‘menjual’ potensi yang ada di 15 Kabupaten/Kota kepada dunia.
    Diketahui investasi yang paling tertinggi yakni sektor pertambangan, sektor transportasi, sektor telekomunikasi, sektor energi, dan perhotelan.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 2018, Investasi Masuk Sulut Lampaui Target Sebesar 14 Triliun Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top