• Berita Terbaru

    May 26, 2023

    elnusanews/com , May 26, 2023

    Michi No Eki Pakewa Tomohon Resmi Dibuka, Caroll Senduk Apresiasi Pihak JICA dan Kementan RI



    Tomohon, Elnusanews-Sesuai visi dan misi Walikota Tomohon Caroll Senduk dan Wakil Walikota Wenny Lumentut menjadikan Kota Tomohon sebagai kota pariwisata dunia, kini “Michi no Eki Pakewa” dibuka secara resmi pengelolaannya hari ini, Jumat (26/5/2023) bertempat di Kelurahan Talete dua Kota Tomohon.

    Grand Opening kali ini ditandai pengguntingan pita oleh Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH dilanjutkan penandatanganan prasasti bersama pihak Pemerintah Minamiboso dan Japan International Cooperation Agency (JICA).


    Ini Hasil kerjasama dengan pemerintah kota Minamiboso (Jepang) dan International Cooperation Agency (JICA), pemerintah kota Tomohon bangun Michi no Eki ‘Pakewa’ sebagai sarana bagi para turis mancanegara dan turis domestik sebagai tempat persinggahan maupun tempat memperoleh informasi terkait spot-spot pariwisata di Kota Tomohon.

    “Ini adalah hasil kerjasama antara pemerintah kota Tomohon dengan International Cooperation Agency (JICA) dan pemerintah kota Minamiboso untuk membangun Michi no Eki atau stasiun jalan,” kata Walikota Tomohon Caroll Senduk saat bawakan sambutan pada Grand Opening Michi No Eki Pakewa.


    Lebih jelas Walikota Caroll mengatakan, stasiun jalan tersebut (Michi no Eki) memiliki banyak fungsi, selain tempat rest area untuk para turis, stasiun jalan ini berfungsi untuk memasarkan hasil pertanian organik dan produk UMKM.

    “Tujuan lainnya yakni sebagai tempat memasarkan hasil pengembangan pertanian organik masyarakat dan hasil dari UMKM serta tempat tourist information center,” tutur Caroll Senduk.

    Walikota juga berharap dengan hadirnya Michi no Eki ‘Pakewa’ di Kota Tomohon dapat menunjang perekonomian masyarakat.

    “Harapanya dengan adanya stasiun jalan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM dan petani di Kota Tomohon,” harap Walikota, sembari menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak JICA Jepang dan Kementan RI serta seluruh pihak yang terkait dalam pengelolaan Michi No Eki Pakewa ini.


    Orang nomor satu di Kota Tomohon ini juga meyakini Michi No Eki Pakewa Tomohon akan maksimal ke depannya dibawah pengelolaan Vonny Josefien Pangemanan sebagai Direktur Michi No Eki Pakewa Tomohon.

    Sebelumnya dalam sambutan Mr Okamura Kenji dari JICA Office Indonesia sangat bersyukur Pemerintah Kota Tomohon memberi atensi besar terhadap pendirian Michi No Eki ini.

    “Proyek tentunya menjadi sarana baik dalam promosi maupun marketing produk pertanian holtikultura maupun kearifan lokal di Kota Tomohon,” ujar Mr Okamura yang diketahui baru pertama kali mengunjungi Provinsi Sulawesi Utara termasuk Kota Tomohon.

    Mr Okamura berjanji akan datang kembali tiga tahun mendatang bersama keluarganya. Untuk melihat perkembangan Michi No Eki Pakewa Tomohon.

    Turut Hadir pada grand opening tersebut, Kepala Bapelitbangda Sulut dr Jemmy Lampus, Tim dari Jepang, tamu dari Provinsi Sulawesi Selatan, Forkopimda Tomohon, BUMN dan BUMD, serta stakeholder terkait serta para tamu dan undangan.

    (ROKER)
     



    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Michi No Eki Pakewa Tomohon Resmi Dibuka, Caroll Senduk Apresiasi Pihak JICA dan Kementan RI Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top