• Berita Terbaru

    May 30, 2023

    elnusanews/com May 30, 2023

    Sosialisasi Sensus Pertanian Badan Pusat Statistik Minsel Meminimalisasi Rekayasa Data, Serta Kepentingan Pribadi Dan Kelompok



    Minsel,Elnusanews.com-Kegiatan Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 yang dibuka oleh Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Selatan yang bertempat di Ruang Rapat Lantai lV Kantor Bupati Minahasa Selatan pada Senin 29/5/2023.

    Oleh Badan Pusat Statistik Sensus Pertanian 2023 (ST2023) merupakan Amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik.Yang penyelenggaraan Sensus dilakukan 10 (Sepuluh) Tahun sekali dan untuk Tahun ini pendataan lapangan sensus pertanian akan dilaksanakan pada ulan Juni sampai dengan Bulan Juli 2023.

    Adapun tujuan pelaksanaan sensus pertanian 2023 diantaranya:
    1.Menyediakan Data Struktur Pertanian, Terutama Untuk Unit-Unit Administrasi Terkecil.,
    2.Menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur Statistik Pertanian pada saat ini.,
    3.Menyediakan Kerangka Sampel untuk Survei Pertanian lanjutan.(Sumber Data Website Badan Pusat Statistik).
    Pelaksanaan Sensus ini mencakup Sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan Dan Kehutanan Karena Sektor ini memegang peran yang strategis dalam perekonomian Negara yang juga melibatkan hajat hidup orang banyak. Bahkan di Minahasa Selata sektor pertanian juga merupakan sektor unggulan dimana 89 ribu 923 hektar atau 61,7% dari total luas wilayah Kabupaten Minahasa Selatan merupakan areal pertanian.

    Dalam sambutannya Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan mengapresiasi dan Ucapan Terima Kasih untuk para Jajaran Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Selatan yang telah menyelenggarakan  kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan terlebih bagi masyarakat Petani yang ada di kabupaten Minahasa Selatan, selanjutnya Bupati juga menambahkan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2023 ini serta meneruskan informasi terkait pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 kepada seluruh masyarakat yang ditemui dalam tiap kesempatan.
    Dengan berharap masyarakat dapat turut berpartisipasi aktif sehingga data-data yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan sehingga meminimalisasi rekayasa data serta terbebas dari kepentingan pribadi bahkan kelompok.

    Dalam kegiatan ini dihadir oleh parapeserta kegiatan Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 yaitu Para Camat, Perutusan dari Dinas Pertanian, Dinas Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, serta Stakeholder terkait.

    (Chita)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sosialisasi Sensus Pertanian Badan Pusat Statistik Minsel Meminimalisasi Rekayasa Data, Serta Kepentingan Pribadi Dan Kelompok Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top