• Berita Terbaru

    May 29, 2023

    elnusanews/com May 29, 2023

    Pj Bupati Rinny Tamuntuan Menghadiri Penilaian Kinerja terhadap 8 Aksi Percepatan Penurunan Stunting


    Sangihe, Elnsanews- Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan menghadiri acara pembukaan Penilaian hasil kinerja terhadap 8 Aksi Konferensi Percepatan Penurunan Stunting tahun 2022 di Provinsi Sulawesi Utara bertempat di The Sentra Hotel Manado,  Senin, (29/05/22)

    Acara yang diawali dengan pemaparan Kondisi Stunting di Sulawesi Utara oleh Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K)

    Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandow yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Sulut dalam sambutannya mengatakan, pihaknya bersama pemerintah daerah se- Sulut sangat serius dalam menurunkan angka stunting.

    "Kami sangat serius dalam upaya ikhtiar semangat pencegahan stunting, Ini memacu kita untuk terus, jangan pernah kendor terhadap permasalahan stunting ini,” ungkap Wagub

    Dirinya mengakui angka stunting di Sulut masih terbilang tinggi. Untuk itu, ia meminta kepada pihak terkait lebih konsen dengan upaya percepatan penurunan stunting.

    "Jangan berpuas diri karena secara empiris, data menyampaikan prevalensi stunting di Sulut masih 20,5%. Bahkan ada beberapa daerah di atas itu,” ungkapnya.

    "Menurut wagub, stunting memiliki kaitannya dengan kemampuan intelektual. Ia mencontohkan, dari 100 orang 20 di antaranya disuruh a malah dibikin b. Hal tersebut menjadi beban untuk semua aspek kemasyarakatan. Makanya tak heran Pak Presiden sangat getol agar supaya bangsa dan negara ini bebas dari stunting,” tuturnya.

    Olehnya, Wagub Kandouw meminta semua pihak terkait jangan main-main soal stunting ini. Sebab kegiatan pencegahan stunting sudah beberapa kali diadakan.

    "Semua stakeholder diperluas bahkan TP-PKK dijadikan icon penanggulangan stunting. Visi misi sudah ada. Panduan sudah jelas. Bahkan dananya pun dari berbagai sumber, baik langsung BKKBN, Dinas Kesehatan maupun dana APBD kita masing-masing,” ungkap wagub.

    Orang nomor dua di Bumi Nyiur Melambai ini menambahkan persoalan stunting ini perlu diatasi lewat komitmen semua pihak terkait termasuk Pemerintah Daerah (Pemda) se Sulut.

    “Kalau kita komitmen, semua on the track. Kawal biologis berhubung dengan stunting, pasti akan cepat turun. Saya mengetuk hati bapak ibu terutama kepala daerah dan wakil. Serta pihak terkait yang punya benang merah dengan ini kewajiban untuk mari momentum ini kita evaluasi,” pinta Kandouw.

    Wagub pun mewarning para peserta yang hadir pada kegiatan ini jangan hanya memanfaatkan sebagai seremoni saja.

    "Kebetulan ini ajang evalausi kebijakan kita. Jangan hanya sebatas karena tempatnya nyaman, terus SKPD Saya imbau mari kita passion untuk cegah stunting itu musti ada,” tukasnya.

    Sementara itu Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan seusai acara mengatakan apa yang telah di sampaikan oleh Kepala BKKBN dan pak Wagub akan menjadi atensi bagai semua OPD Pengampu Stunting dan Stekholder terkait.

    "Apa yang menjadi atensi pimpinan akan kami tindak lanjuti sehingga target Provinsin Sulawesi Utara dalam percepatan penurunan Stunting akan dapat tercapai" Singkatnya.

    Hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, para bupati/walikota se Sulut, Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen, Kepala BKKBN Sulut dan stakeholder terkait. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pj Bupati Rinny Tamuntuan Menghadiri Penilaian Kinerja terhadap 8 Aksi Percepatan Penurunan Stunting Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top