• Berita Terbaru

    July 20, 2023

    elnusanews/com July 20, 2023

    Tamuntuan Buka Sosialisasi Kampung Siaga Bencana dan Tagana Masuk Sekolah di Kampung Kuma I

    Sangihe, Elnusanews-Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe melalui Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Sangihe menyelenggarakan sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS),di Kampung Kuma I Kecamatan Tabukan Tengah,"Kamis (20/07/2023).

    Sosialisasi dibuka Pj Bupati.dr Rinny Tamuntuan, dihadiri oleh Kadis Sosial,Kadis Kominfo,Forkopimca,Staf Khusus Bupati,Kapitalaung Kuma I,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

    Penjabat Bupati Kepualuan Sangihe.dr Rinny Tamuntuan dalam sambutannya menyambut baik dan  pembentukan KSB dan TMS.

    "Kegiatan ini merupakan salah satu langkah antisipasi dini menghadapi bencana berbasis masyarakat khususnya di Kabupaten Kepulauan Sanguhe terdiri dari dataran, pegunungan, perbukitan, dan pantai memungkinkan terjadinya berbagai jenis ancaman serta memiliki potensi bencana yang tinggi."ucap Tamuntuan.

    Lanjut Tamuntuan,dengan adanya KSB nantinya berfungsi sebagai unit penanggulangan bencana daerah tidak hanya menanggulangi saat terjadinya bencana, tapi upaya pengurangan dampak saat terjadi bencana.

    "Untuk pembentukan kampung siaga sendiri di utamakan bagi wilayah yang rentan terjadi bencana dan untuk menjadi prioritas sekarang ini  yakni Kampung Kuma 1 dan untuk kedepannya diupayakan lagi penambahan KSB di beberapa wilayah lainnya sekaligus memperkuat Taruna Siaga."jelas Tamuntuan

    Dengan adanya kegiatan tagana masuk sekolah yang juga di laksanakan di SMP Negeri 1 Tabukan Tengah Penjabat Bupati berharap dapat di dukung penuh oleh pihak sekolah dan masyarakat. 

    "Sehingga diharapkan dengan bantuan dan latihan yang di berikan, masyarakat Tabukan Tengah lebih sigap lagi, ketika ada bencana datang masyarakat bisa lebih dulu memberikan penanganan bencana tanpa menunggu Tim Tagana Kabupaten," pungkasnya.

    "Keberadaan tagana sendiri dalam rangka memberikan jaminan layanan bagi masyarakat korban bencana itu agar lebih cepat di tangani sedangkan pembentukan kampung bencana sendiri bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi aktif dalam rangka penanganan bencana di Kabupaten Kepulauan Sangihe."tutup Tamuntuan.


    (Opmud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tamuntuan Buka Sosialisasi Kampung Siaga Bencana dan Tagana Masuk Sekolah di Kampung Kuma I Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top