• Berita Terbaru

    December 08, 2016

    elnusanews/com , December 08, 2016

    Ronald Sorongan : Tingkatkan SDM, Nelayan Harus Miliki Buku Pelaut

    Kepala DKP Sulut Ir Ronald Sorongan
    SULUT,Elnusanews - Dalam rangka peningkatkan sumber daya manusia (SDM) nelayan, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) akan mengeluarkan buku pelaut.

    Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut Ronald Sorongan kepada elnusanews, Kamis (8/12/2016).

    "Ini untuk peningkatan SDM para nelayan. Karena, tahun depan semua nelayan yang menggunakan kapal harus memiliki buku pelaut," kata Sorongan.

    Dikatakan Sorongan, sampai saat ini DKP sendiri telah mengutus 25 orang nelayan untuk mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan SDM sekaligus untuk  mendapatkan sertifikat.

    "Bagaimana tentang cara melaut yang baik dan benar,  Itu akan dikeluarkan buku pelaut. Dan buku pelaut ini sebagai satu syarat untuk menjadi ABK.," ucapnya.

    Selain mengutungkan nelayan, kata dia, buku pelaut ini juga berlaku bukan hanya khusus kapal ikan saja, namun juga diberlakukan ke kapal-kapal niaga lain," tandasnya.

    Diketahui, tahun 2016 ini berjumlah 50 orang nelayan yang ikut pelatihan. Sedangkan untuk 2017 nanti, ada ketambahan sebanyak 100 orang nelayan yang akan ikut pelatihan di balai pelatihan Politeknik Kota Bitung.

    (ROKER)



    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ronald Sorongan : Tingkatkan SDM, Nelayan Harus Miliki Buku Pelaut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top