• Berita Terbaru

    March 21, 2017

    elnusanews/com , March 21, 2017

    Pantau Lokasi Wisata, Mantiri: Pentingnya Keterlibatan Penduduk Lokal


    BITUNG, Elnusanews - Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri bersama Sekertaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, M.Si melakukan pemantauan disejumlah lokasi potensi pariwisata kota Bitung pada, Senin (20/3/2017) kemarin.
    Kegiatan ini dilakukan untuk melihat secara langsung lokasi tersebut serta sarana dan prasarana yang nantinya akan ada perencanaan untuk penataannya sesuai dengan rencana dan program pemerintah kota Bitung untuk memaksimalkan pariwisata dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi di kota Bitung.
    Hal tersebut disampaikan Mantiri ketika melihat salah satu tempat dengan potensi wisata yang sangat indah yakni di Kelurahan Batu Kota Kecamatan Lembeh Utara.
    "Kunjungan ini untuk melihat hal apa saja yang perlu kita benahi dalam rangka memberi rasa nyaman kepada para wisatawan terutama yang akan kita maksimalkan adalah pemanfaatan Home Stay bagi penduduk lokal sehingga memberi nilai ekonomi bagi masyarakat itu sendiri" jelas Mantiri.

    Menurut Mantiri para penduduk lokal nantinya akan dibekali dengan ketrampilan lewat pelatihan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata kota Bitung untuk memberikan pemahaman tentang kepariwisataan. "Sehingga bentuk keterlibatan masyarakat lewat penyediaan fasilitas akomodasi berupa rumah-rumah penduduk (home stay), penyediaan kebutuhan konsumsi wisatawan, pemandu wisata, penyediaan transportasi lokal, pertunjukan kesenian, dan lain-lain akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat kota Bitung" tutur Mantiri.

    Sementara Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan menilai pengembangan pariwisata harus merupakan pengembangan yang berencana secara menyeluruh, sehingga dapat diperoleh manfaat yang optimal bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial dan cultural. Perencanaan tersebut harus mengintegrasikan pengembangan pariwisata kedalam suatu program pembangunan ekonomi, fisik, dan sosial.
    "Pengembangan wisata alam dan wisata budaya dalam perspektif kemandirian lokal merupakan perwujudan interkoneksitas dalam tatanan masyarakat yang dilakukan secara mandiri oleh tatanan itu sendiri guna meningkatkan kualitas tatanan dengan tetap memelihara kelestarian alam dan nilai-nilai budaya lokal, serta obyek wisata alam dan wisata budaya yang ada" pungkasnya.
    Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Kota Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK, MH, Kadis PU kota Bitung Rudy Theno serta instansi terkait lainnya. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pantau Lokasi Wisata, Mantiri: Pentingnya Keterlibatan Penduduk Lokal Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top