• Berita Terbaru

    November 06, 2018

    elnusanews/com , November 06, 2018

    Peringati HUT Ke 590, DPRD Minahasa Gelar Rapat Paripurna Istimewa

    MINAHASA, Elnusanews  – Memepringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 590 Tahun Kabupaten Minahasa, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar rapat paripurna istimewa, Senin 5/11/2018.
    Rapat paripurna yang berlangsung di Gedung Wale Ne Tou Tondano dipimpin oleh Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, didampingi Wakil Ketua Ventje Mawuntu dan Ivonne Adries, dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven OE Kandouw, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi.
    Ketua DPRD Minahasa James Rawung saat memimpin Rapat Paripurna tersebut menyampaikan, sehubungan dengan peringatan Hari Jadi Minahasa ke-590, atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa mengucapakan selamat Hari Jadi Minahasa.
    “Peringatan ini bukanlah sekedar seremoni belaka, tetapi marilah kita jadikan sebagai suatu momentum dari lembaran dan tonggak sejarah yang baru, dengan berakar dan bermakna pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal, dengan terus meneladani dan menumbuh kembangkan semangat Mapalus, karena semangat itulah ikatan persaudaraan telah membesarkan tanah Minahasa secara tahap demi tahap sehingga menjadi daerah otonom yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonom yang lain,” kata Rawung.
    Dikesempatan tersebut Rawung mengajak seluruh masyatakat Minahasa agar menjadikan peringatan Hari Jadi Minahasa ini sebagai wahana untuk menilai sejauh mana kita melangkah dan seberapa besar kontribusi kita dalam mengisi pembangunan bagi kejayaan tanah Minahasa pada khususnya, dan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia pada umumnya.

    Selanjutnya Rawung mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, dan jajarannya yang telah dilaksanakan antara lain BPJS Kesehatan 100 persen, pemberian Dana Duka Rp 2.500.000, serta pemberian langsung Akta Perkawinan, Kartu Keluarga dan KTP kepada warga yang melakukan pencatatan sipil pernikahan.
    “Selain itu Apresiasi juga terhadap rencana Pemkab Minahasa, untuk pengembangan Danau Tondano secara komprehensif dan tentunya harus didukung dengan pembentukan Perda Danau Tondano. Program ini selaras dengan visi ROR-RD, Minahasa Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera,” tukasnya.

    Selanjutnya, Bupati ROR  mengatakan, Hari Jadi Minahasa ke-590 menjadi sangat istimewa, sebab merupakan yang pertama bagi dirinya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, dalam memimpin Kabupaten Minahasa, yang menurut Bupati ROR juga baru berusia 1 bulan 11 hari.
    Menurutnya juga momentum bersejarah ini sekaligus juga mengingatkan kita untuk memberikan penghargaan dan terima kasih kepada mereka yang telah berjuang dan mengabdi serta memberikan kontribusi.

    “Seperti Proklamator Indonesia yang mengatakan, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, dimana kutipan selanjutnya mengatakan, Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati para pahlawan. Kiranya ini bisa tetap tertanam di setiap hati masyrakat Minahasa,” kata Bupati.
    Selain itu Bupati ROR juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Presiden Repoblik Indonesia Ir Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan juga
    kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, atas perhatian bagi Kabupaten Minahasa.


    “Kita pula patut berbangga karena Minahasa sudah ikut membanggakan tanah Indonesia dengan prestasi yang sudah dicapai Ridel Sumarandak, yang berhasil meraih Medali Emas dalam Sport Asian Games 2018, sekalipun belum resmi masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games, tapi ini membuktikan kita bisa bersaing bahkan berprestasi di tingkat Internasional,” kata ROR.
    ROR juga mengatakan, Peringatan Hari Jadi Minahasa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari semangat patriotisme dan nasionalisme, yang diwariskan oleh pahlawan nasional.
    Ada falsafah perjuangan yaitu si tou timou tumou tou, yang bermakna manusia ada untuk memanusiakan orang lain.


    “Kiranya semangat saling menopang ini terus tejaga,”ujarnya
    Mengakhiri sambutanya, Bupati ROR menyampaikan terima kasih atas dukungan dalam pembahasan program-program Pemkab Minahasa, sehingga berbagai program yang telah, sementara dan akan direalisasikan bersama.

    “Saya berharap, kebersamaan antara Pemkab Minahasa dan DPRD Minahasa, dapat tetap berjalan dengan baik demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

    Sementara Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Wakil Gunernur Sulut Steven Kandouw, dikesempatan itu mengatakan bahwa momentum ini dijadikan sarana kontemplasi, introspeksi dan evaluasi.
    “Visi dan Misi ROR-RD mulai terimplementasikan dengan baik, dan sejauh ini dalam penilaianya dengan nilai yang sangat baik. Awal pemerintahan ROR-RD di Minahasa telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik, dimana program-program yang diutarakan saat kampanye mulai dibuktikan.

    “tentunya diharapkan Momentum Hari Jadi Minahasa ini tentu menjadi penyemangat dalam membangun Minahasa kedepan. Biarlah sinergitas antara Pemkab Minahasa dan Pemprov Sulut dapat terus berjalan baik, untuk kemajuan Minahasa,” ujar Kandouw sembari menyampaikan selamat Hari Jadi Minahasa ke-590, 5 November tahun 2018.

    Turut hadir dalam Rapat Paripurna ini, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementrian Dalam Negeri Dr Nelson Simanjuntak SH MSi, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny C M Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Forkopimda Sulut, Forkompimda Minahasa, perwakilan Kepala Daerah Kabupaten Kota di Sulut, para mantan Bupati Minahasa, para mantan Ketua DPRD Minahasa, jajaran Pejabat Pemprov Sulut, jajaran Pejabat Pemkab Minanasa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat


    ADVETORIAL (Jonly Bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peringati HUT Ke 590, DPRD Minahasa Gelar Rapat Paripurna Istimewa Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top