• Berita Terbaru

    January 28, 2019

    Elnusanews January 28, 2019

    Sambangi Kemenpan-RB, Ini Tujuan Bupati Mitra dan Rombongan


    JAKARTA, Elnusanews - Bupati Minahasa Tenggara (MITRA) James Sumendap SH didampingi oleh Drs Jesaja J O Legi bersama sejumlah jajaran terkait mengunjungi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), yang terletak di Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan, Jumat 25/1/2019.

    Kehadiran Bupati James dan Rombongan di terima oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pengetahuan dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kemen PAN dan RB, Ronald Andreas Anas Ak, di Ruang Rapat Sriwijaya.

    Bupati Mitra James Sumendap mengatakan bahwa maksud dan tujuan dirinya beserta Wakil Bupati dan sejumlah jajaran datang berada disini adalah untuk mengikuti Coaching clinic perencanaan, pengukuran dan pelaporan berbasis kinerja pemkab Mitra.

    Terkait 3E, Sumendap menjelaskan bahwa,  E-Kinerja, E-Budgeting dan E-Planning (3E) telah diterapkan di Kabupaten Mitra. Selanjutnya kunjungan ini juga bermaksud wisata studi bagi kepala-kepala SKPD yang ada.

    Ia juga menjelaskan, dengan menerapkan 3E, pelaporan keuangan di Minahasa Tenggara merupakan pelaporan paling transparan, karena langsung disampaikan ke masyarakat melalui papan informasi yang telah ditentukan.

    “Sistem pelaporan keuangan di Mitra paling transparan di Indonesia karena setiap minggu harus disampaikan melalui papan informasi yang ada. Bahkan Pengelolaan Dana Desa (Dandes) dan dan Bantuan Operasional (BOS) pun harus disampaikan secara transparan," ujar Bupati.

    Lanjut dikatakannya bahwa, bukan hanya itu, Disetiap kecamatan, Kami Pemkab Mitra akan menempatkan perwakilan Inspektorat untuk memantau perkembangan pengelolaan keuangan.

    “Ini telah berlaku di tahun 2019. Jadi mereka (Inspektorat) akan dirolling setiap tiga bulan, agar tidak kena "racun" di kecamatan dimana mereka tempati," sebutnya, sembari menambahkan tujuannya agar tidak ada ASN yang berbuat nakal.

    Sumendap pun mengatakan, dengan kerjasama dengan Kemenpan-RB lewat deputi, maka dalam setahun berjalan ini Mitra ia yakin akan lebih baik lagi.

    “Disinilah pijakannya, dan saya yakin selama setahun ini kita bermitra dengan pak deputi kita akan meningkat dan dan banyak perubahan serta pembaharuan," tandasnya.

    Sementara Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pengetahuan dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kemen PAN dan RB, Ronald Andreas Anas Ak, pada kesempatan tersebut menjelaskan banyak terkait pohon kinerja.

    “Kita konteksnya bukan evaluasi LAKIP, tapi kita disini adalah evaluasi manejemen kerja. Jadi kita harus jaga paradigma kinerjanya karena kita ingin Pemda itu orientasinya pada kerja saja," ujarnya.

    Oleh karena itu menurutnya, yang rencanakan bukan pada kerjanya tapi pada kinerjanya.

    “Jangan sekedar menggambarkan seluruh anggaran yang sudah kita terima dan pakai tapi disini ditekankan pada kinerja. Kita harus gambarkan perubahan yang terjadi antara kondisi sebelum dan sesudahnya," saran Anas. 

    Hadir juga Sekda Drs Robby Ngongoloy ME MSi, para asisten dan sebagian kepala SKPD. 


    (Jo)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sambangi Kemenpan-RB, Ini Tujuan Bupati Mitra dan Rombongan Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top