• Berita Terbaru

    January 31, 2019

    Elnusa News , January 31, 2019

    Loyot Maesaan Minahasa Gelar Deklarasi dan Pelantikan Pengurus

    MINAHASA, Elnusanews - Loyot Maesaan Minahasa menggelar kegiatan deklarasi dan pelantikan pengurus untuk masa periode 2019-2023. 

    Pelantikan dilakukan oleh Prof. Fredy Wagey di Aula BPU Tondano, Kamis 31/1/209. Pelantikan dihadiri oleh Wakil Gubernur Steven Kandow yang juga duduk sebagai dewan kehormatan Loyot Maesaan, Bupati Minahasa diwakili oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Agustivo Tumundo, serta para undangan. 

    Adapun kepengurusan yanh dilantik, yakni ; Anos Rambitan didaulat sebagai Pakasan Umbanua (Ketua), Sekertaris Demsy Nelwan, Bendahara Marisa Sumeke dan Jansje Sumaki serta sejumlah nama yang duduk dalam keangota dan struktur bidang-bidang lainya. 


    Pada kesempatan ini, Wakil Gubenur Steven O. Kandow  mengapresiasi lahirnya ormas Loyot Maesaan Minahasa karna semakin menambah hasana Ormas adat yang ada ditanah Minahasa.  

    "Dizaman milenium saat ini, kehadiran Ormas adat ini sangat penting khususnya menjaga kultur dan budaya. Kultur adalah pilar dalam masyarakat. Kultur dan budaya Minahasa luar biasa hebat dan harus dijaga. Nah ormas adat ini berperan menjaga kultur tersebut," kata Wagub. Beberapa kultur dan budaya yang perlu dipertahankan kata Wagub seperti budaya kerja keras, egaliter dan Mapalus.  

    “Warga Minahasa dikenal dengan budaya mapalusnya serta semangat kerja keras serta egaliter, Itu harus dipertankan. Nah, Ormas Loyot Maeasan harus berperan menjaga,"ujarnya. Sebab, lanjut Wabup, sebuah Ormas tidak hanya dilihat soal jumlah banyaknya anggota namun kualitas ormas tersebut adalah hal paling utama. Iapun optimis lewat ormas Loyot Maesaan semakin memperkuat dalam mempertahankan budaya dan kultur hingga mensejahtrakan masyarakat.  

    Diakhir sambutan Wagub mengingatkan kiranya Oormas Adat Loyot Maesaa jangan jadi Ormas Intoleran. “Kita harus kompak dan tetap menjaga kedamaian, selamat berjuang," pesan Kandouw.  

    Sementara Pakasan Umbanua, Anos Rambitan dalam kesempatan tersebut menyatakan kesiapannya membawa Loyot Maesaan sebagai organisasi adat yang berintegritas. Dirinya berjanji akan Menjadikan perbedaan awal dari persatuan. Dan persatuan bukan akhir dari persaudaraan.  

    “Saya akan Merangkul semua,tidak ada perbedaan dan terpenting soal cinta NKRI.Kami juga siapmenjaga budaya Minahasa,"ucap Anos. 

    Acara pelantikan juga dihadiri sejumlah senior seperti Toar Palilingan,Isak Pulukadanv, Kadis Pariwisata, Agustivo Tumundo. 

    Diketahui untuk kepengurusan tingkat Propinsi, Adriana Dondokambey sebagai ketua umum. 

    (Jonly bamz) 

     
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Loyot Maesaan Minahasa Gelar Deklarasi dan Pelantikan Pengurus Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top