• Berita Terbaru

    January 24, 2019

    elnusanews/com , January 24, 2019

    Tingkatkan Ekonomi Petani, Bupati VAP Serahkan Bantuan Alsintan

    MINUT, Elnusanews -- Untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) khususnya bagi para petani. Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, S.Th (VAP) menyerahkan 69 Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bantuan dari Kementerian Pertanian RI kepada petani Minut. Penyerahan tersebut dilaksanakan dilapangan Sarongsong II depan RSUD Maria Walanda Maramis, beberapa waktu lalu. 


    Kadis Pertanian Minut Ir. Wangke Karundeng MAP dalam laporan mengatakan, 69 alsintan merupakan bantuan dari kementerian Pertanian yang terdiri 45 unit alat tanam kacang kedele, 10 unit alat kultivator (pembuat bedengan), 6 unit power trasher multiguna (pemipil jagung/perontok padi dan biji kedele), 5 unit hand sprayer (penyemprot herbisida/pestisida) dan 3 unit pompa air.


    “Bantuan ini berkat upaya Ibu Bupati VAP yang terus melobi kementerian pertanian sehingga bantuan alsintan ini bisa datang di Minut dan berikut juga akan ada bantuan dari Kementrian Pertanian berupa Tracktor. Nantinya alsintan ini dikelola brigade alsintan Dinas Pertanian Minut dan dipergunakan petani dengan sistem pinjam pakai,” kata Karundeng didampingi sekretaris dinas Jemmy Lesar, S.Sos.


    Sementara itu, Bupati VAP dalam sambutannya mengatakan, mengapresiasi Kadis dan Sekretaris Dinas Pertanian Minut yang beberapa kali mendampinginya dalam melobi Kementerian Pertanian RI. Ia juga berharap bantuan alsintan dirawat dengan baik.   


    “Tolong diatur agar alsintan ini dibagi ke seluruh kecamatan. Tapi petani yang akan memakainya harus membuat surat perjanjian untuk merawatnya dengan baik dan alatnya juga harus pinjam pakai, bukan menjadi milik perseorangan,” beber Bupati VAP. 

    Selain para petani, penyerahan alsintan ini turut dihadiri Asisten II Drs Allan Mingkid, Asisten III dr. Jeane Symons MKes, plt. Kepala Badan Bapelitbang Arnolus Wolajan SSTP, Kepala Badan Keuangan Petrus Macarau SE, plt. Kepala Badan Kesbangpol Daniel Kumenaung Ssos, Kabag Humas Protokol Cresto Palandi SSTP, Camat Airmadidi Alexander Warbung Ssos, Camat Kalawat Johan Wewengkang Ssos MKes, Kabag Umum Audy Sambul SH, Kabag Humas dan Protokoler Chresto Palandi SSTP Msi, dan Kapolsek Airmadidi Iptu Stanley Rambing. (ADVETORIAL)
     (Tommy) 
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tingkatkan Ekonomi Petani, Bupati VAP Serahkan Bantuan Alsintan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top