• Berita Terbaru

    January 29, 2019

    Elnusa News January 29, 2019

    Momentum HUT Kota ke 16, Eman - SAS Sampaikan Capain dan Prestasi Kota Tomohon


    TOMOHON, Elnusanews - Dalam momentum perayaan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tomohon ke 16, Walikota Jimmy F Eman SE Ak didampingi oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) menyampaikan capaian prestasi pemerintah Kota Tomohon. Penyampaian tersebut, disampaikan Walikota Eman pada rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Senin 28/1/2019.
    Walikota Eman menyebutkan bahwa pada Usia ke -16 ini menandakan bahwa pertumbuhan usia tersebut pada dasarnya mengisyaratkan peningkatan taraf kedewasaan.
    Selanjutnya Walikota Eman memparkan capaian dan prestasi pemerintah Kota Tomohon selama dipimpinnya, dimana Tahun 2018 Tomohon meraih prestasi nilai  laporan kinerja instansi B, LAKIP Kota Tomohon memperoleh predikat Penilaian B, meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-5 secara beruntun dari Badan Pengawas Keuangan RI (BPK), Terbaik ketiga penyaluran DAK se-Sulut,  Pemerinta daerah terbaik dalam penyetoran iuran wakib PNS Tahun 2018 dari BPJS Kesehatan, termasuk 3 besar perencanaan pembangunan  daerah terbaik se-Sulut.
    Dalam bidang infrastruktur dibawah kepemimpinan Kami berdua (Walikota Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan ) telah diresmikannya Mall Pelayanan Publik serta Taman Kabasaran, 
    Hadirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah, Peresmian Menara Alva & Omega sebagai ikon pusat kota.
    “Di tengah perlambatan ekonomi global maupun nasional, data BPS Maret 2018 pertumbuhan ekonomi Tomohon tahun 2017 meningkat pada 8,85 %. Indikator makro  Tahun 2017 yakni tingkat pe gangguran pada 4,42 %,angka harapan hidup pada 71 18. Sementara Indeks Pembangunan Manusia 75,34 & Kemiskinan pada angka 3,44 %. - Tahun 2017 terdapat 8 kawasan kumuh & Tahun 2018 sudah tak ada lagi lawasan kumuh,” uari Eman.
    Menurut dia,Capain prestasi ini telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat melalui pemberian penghargaan, termasuk apresiasi dan dukungan seluruh komponen masyarakat yang membuat Kota Tomohon semakin maju.
    Dengan sejumlah prestasi tersebut Walikota Eman pun berharap kitanya momentum peringatan hari jadi ke 16 ini pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Tomohon selalu bergandengan tangan dalam keberagaman dan harmoni serta meningkatkan partisipasi dalam membangun kota Tomohon untuk menjadi lebih baik.
    Diakhir sambutanya, Walikota Eman memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap  anggota DPRD kota Tomohon yang terus mendukung dan telah bersama-sama membangun kota Tomohon.
    Usai rapat paripurna dilakukan Pemasangan lilin HUT Kota Tomohon ke- 16 oleh Walikota Tomohon, Wakil Walikota Tomohon dan disaksikan para tamu dan undangan yang turut menyampaikan doa dan ucapan selamat semoga Kota Tomohon semakin maju dan sejahtera masyarakatnya. 
    Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tomohon ini menonjolkan kearifan dan budaya lokal dengan menggunakan bahasa tombulu dan makan di daun bersama-sama.

    Turut hadir dalam rapat paripurna ini Gubernur Sulawesi Utara diwakili Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sulut DR. Jemmy Kumendong, M.Si. Walikota Tomohon Jimmy F. Eman ,SE.Ak, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Mewakili Danlantamal VIII Manado Letkol. Laut Marselino Sompotan, SE., Ketua Pengadilan Tinggi Manado Hakim Tinggi Parulian Lombantoruan, Wakil Ketua DPRD Sulut Marthen Manoppo, SH., Wakil Bupati Kepulauan Sitaro Drs. John Palandung, M.Si, Perwakilan Kabupaten/Kota se- Sulut, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait, SIK, SH, M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Edy Winarko, SH.MH, Mewakili Dandim 1301 Minahasa, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Tondano,  Kepala Kantor Kementerian agama Kota Tomohon Pdt. Simon Rawis, S.PAK M.Pdk., Para pejuang pembentukan Kota Tomohon, Para Kepala Perbankan Tomohon, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Sekretaris Daerah Kota Tomohon bersama seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Momentum HUT Kota ke 16, Eman - SAS Sampaikan Capain dan Prestasi Kota Tomohon Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top