• Berita Terbaru

    January 28, 2019

    elnusanews/com January 28, 2019

    Kapolres Sebut Isu Terorisme di Desa Kalabat Hoax

    MINUT, Elnusanews -- Kabar tentang adanya isu keberadaan teroris di Desa Klabat, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang berkembang sejak Selasa lalu, ternyata sepenuhnya hanyalah kabar yang dibuat-buat atau hoax. 

    Hal tersebut diungkapkan Kapolres Minahasa Utara AKBP Alfaris Pattiwael, S.IK, MH bersama Dandim 1310/Bitung-Minut Letkol Inf Kusnandar Hidayat, kepada sejumlah wartawan.

    Kapolres bersama Dandim, menjamin situasi Desa Klabat sangat kondusif dan tidak ada aktifitas terorisme seperti berita yang beredar sejauh ini. Kapolres Minut menjelaskan kronologi kejadian yang sebenarnya, dimana pada Senin (28/1) pagi, sebanyak 10 jamaah tabligh datang dari Kota Bitung tiba di Desa Klabat tepatnya di Masjid Al Ahsan untuk melakukan syiar agama. Syiar agama dilakukan berkeliling masjid sambil berjalan kaki dari desa ke desa.

    "Ada 10 orang saudara kita beragama muslim dari Bogor. Mereka tergabung dalam kegiatan syiar agama di masjid yang ada di desa yang mereka lewati, bukan ke rumah-rumah. Jamaah tabligh ini mereka berdialog dengan pengurus masjid. Jadi tidak ada kaitan dengan isu-isu teroris. Dan mereka pun sudah melapor ke Polres Minut dan pemerintah setempat," kata Pattiwael. 

    Beredarnya isu teroris, menurtut Kapolres hanya kesalahan pemahaman biasa. Dan oleh oknum-oknum tertentu sengaja memprovokasi situasi ini sehingga memanas. Padahal di Desa Klabat aman-aman saja.

    "Saya dan Pak Dandim melaksanakan pengamanan, melaksanakan semua rangkaian preventif, intelegen untuk memastikan bahwa suasana disini tidak ada masalah apa-apa," jelas Kapolres terbaik di jajaran Polda Sulut ini sembari mengajak masyarakat untuk bijaksana menggunakan media sosial. 

    "Biasakan informasi yang kita terima disaring dulu baru sharing. Karena kebiasaan menyebarkan hoax akan menjadi bom waktu dan membuat masyarakat susah. Apalagi penyebar hoax bisa terjerat Undang Undang ITE," tambahnya. 

    Sementara iti Dandim 1310/Bitung-Minut Letkol Inf Kusnandar Hidayat.menambahkan, jika masalah ini hanya dibesar-besarkan saja, tidak sesuai kejadian di lapangan. "Di Desa Klabat aman-aman saja. Hanya ada segilintir masyarakat sempat datang kesini karena mereka mendapat informasi dari media sosial. 

    Nah ini, kami sudah kantongi akun-akun yang menjadi provokator," kata Kusnandar. Kusnandar menambahkan, jamaah tabligh saat ini sudah melanjutkan syiar agama di Kota Bitung. "Jadi kabar bahwa situasi di Desa Klabat sudah mencekam, ada ketakutan dan sebagainya, itu semua tidak benar. 

    Semua masyarakat beraktifitas dengan normal. Dan kepada teman-teman kita LSM, terima kasih sudah membantu kepolisian dan pihak TNI menjaga keamanan," tutup Dandim. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kapolres Sebut Isu Terorisme di Desa Kalabat Hoax Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top