• Berita Terbaru

    January 30, 2019

    Elnusa News , January 30, 2019

    Transportasi Berbasis Rel dan Pengembangan Bandara Digenjot

    Kadishub Sulut Lynda Watania.
    SULUT,Elnusanews - Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulut Lynda Watania menyatakan dalam rangka mengoptimalkan program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK) di sektor Perhubungan. Maka, Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Utara terus mendorong   program-program strategis di tahun 2019 berjalan ini.

    "Program prioritas tahun 2019 ini di sektor transportasi udara, laut dan darat harus terus berjalan sesuai dengan rencangan kegiatan. kan ini juga merupakan hasil usaha dan perpanjangan pak gubernur dan wagub, serta instansi di daerah dengan melakukan perencanaan, pelaksana, evaluasi dan pelaporan agar bisa berjalan dengan baik. "Namun dari sisi program kegiatan kewenangan pemerintah pusat yang ada di daerah, karena pak gubernur memiliki fungsi koordinasi," ujar Lynda Watania didampingi sejumlah pejabat lingkup Dishub Sulut kepada awak media, Rabu (30/1/2019).

    Lanjut Watania ada dua program diantaranya pembangunan transportasi berbasis rel Minahasa-Manado yang didanai APBN, dan sekarang ini baru studi kelayakan karena  kewajiban daerah nempersiapkan dokumnen perencanaan.

    "Untuk kegiatan itu, tahun ini siapkan DED, amdal dan dewan care dengan study ini mudah-mudahan waktunya tidak terlalu lama," kata Watania. Sembari mengatakan dengan adanya konsep transportasi berbasis rel
    ini bisa menghindari macet yang ada di kota manado dan sekitarmya.

    Watania mengatakan selain program prioritas pembangunan transportasi berbasil rel tahun 2019 ini ada juga program pengembangan bandara untuk menunjang program sektor pariwisata OD-SK.

    "Sektor udara untuk mendukung pariwisata Sulut, gubernur dan wagub Sulut memperjuangkan dengan melengkapi area bandara seperti sarana dan prasarana serta membuka rute penerbangan baru walupun hanya bersifat charter. Pengembangan bandara menjadi 2800 meter dan pengembangan terminal penumpang dan lain-lain. Dan usulan pengembangan  transportasi udara, laut dan darat tersebut senilai Rp1,9 triliun menggunakan APBD, totalnya keseluruhannya untuk pengembangan sektor perhubungan Sulut mencapai 3,2 triliun hasil kolaborasi dari APBN dan APBD," beber Lynda Watania.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Transportasi Berbasis Rel dan Pengembangan Bandara Digenjot Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top