• Berita Terbaru

    January 23, 2019

    elnusanews/com January 23, 2019

    Bupati Minut Pertahankan Penjabat Hukumtua Tontalete

    MINUT, Elnusanews -- Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan (VAP) tetap mempertahankan Penjabat Hukumtua Desa Tontalete, yang sebelumnya mendapat penolakan dari sebagian masyarakat Tontalete hingga berujung pada penyegelan kantor desa oleh masyarakat. Keputusan bupati tersebut diambil usai menggelar rapat besama, Camat Kema, Dinsos PMD, Kabag Hukum, Asisten Satu, di ruang Bupati Minut belum lama ini. 

    Dengan keputusan bupati tersebut ketua LSM Forum Peduli Minahasa Utara (FORPMITRA) Husein Tuahuns angkat bicara. Menurutnya, seharusnya kita  memberikan pendidikan yang baik bagi masyarakat. 

    "Jadi SK bupati yang tidak ditarik sangat baik. Pertama marwah Kabupaten Minut itu terlindungi. Kalau tidak pasti marwah pimpinan seperti diinjak-injak, yang kedua ada aspek phsikologi orang yang dilantik kemudian dia tidak duduk karna persoalan yang ece-ece, ini secara phsikologi dia terganggu baik keluarga, pribadi dan yang  melekat terhadap dirinya karena dia itu wakil ketua NU. NU terus telepon ke saya terkait masalah ini. Dan yang ke tiga ini menjadi yurisprudensi bagi desa-desa lain, karena desa lain akan berbuat sama dengan di Tontalete dan. menciptakan efek domino," beber Tuahuns.

    Lanjut Tahunus, pihaknya menuntunt untuk Penjabat segera menjalankan tugasnya, sebab ini kalau SK sudah sah DPR jangan membuka ruang lagi. DPR itu hanya membuka ruang konflik, DPR itu harus mengaminkan. Karena sesuai dengan kajian ada undang-undang 6 tahun 2018 ada undang-undang lain juga yang menguatkan itu jadi, menurut Tuahuns ini sudah benar dan Camat itu tidak perlu disalahkan.

    "Camat itu tidak salah dalam hal ini, Camat ini dalam posisi hanya mengajukan dan eksekusinya ada di  pimpinan dalam hal ini Bupati. Jadi Camat tidak bersalah. Dan yang terakhir tugas Penjabat ini tidak perlu dipermasalahkan karena ini hanya sebatas mengisi kekosongan Pemerintahan sekaligus mempersiapkan pemilihan Kumtua," tutup Tuahuns.(Tommy) 
      
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Minut Pertahankan Penjabat Hukumtua Tontalete Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top