• Berita Terbaru

    March 29, 2019

    elnusanews/com March 29, 2019

    Mantiri Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan

    BITUNG, Elnusanews - Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM membuka  Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Bitung Tahun 2019 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Bitung, Jumat (29/3/2019).

    Dalam sambutannya Mantiri mengatakan  bahwa Kemiskinan merupakan hal yang menjadi momok dalam penyelengaraan pembangunan Indonesia selama ini, termasuk juga halnya dalam pembangunan di Kota Bitung.

    "Secara umum kemiskinan di Kota Bitung pada tahun 2017 sekitar 6.62 persen dan mengalami kenaikan hingga mencapai 6,67 persen atau sekitar 14,34 ribu jiwa. Berbagai program telah dan sedang diupayakan oleh Pememrintah dalam mengatasi persoalan kemiskinan yang meliputi berbagai bidang yaitu Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan,"tutur Mantiri.

    Lanjutnya, dalam upaya menurunkan angka kemiskinan tersebut maka Pemerintah telah menetapkan Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

    "Sebagai salah satu prioritas pembangunan di tahun 2020. Program ini sangat penting untuk benar-benar dapat diterima dan dinikmati oleh masyarakat yang berada di garis kemiskinan,"jelas Mantiri.

    Berkaitan dengan program ini, Mantiri menghimbau kepada seluruh perangkat daerah teknis yang berkaitan untuk fokus dan bersinergi, kepala-kepala kecamatan agar memperhatikan kondisi masyarakat, dilengkapi dengan data kemiskinan yang ada di wilayahnya.

    "Sehingga program yang telah dikoordinasikan lewat pihak kecamatan bisa tepat sasaran,"ujar dia.

    Mantiri berharap gerakan penanggulangan kemiskinan ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja tetapi juga memerlukan keterlibatan dari semua pihak. Dukungan dan kerjasama dari Pemerintah, dunia usaha, perbankan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan seluruh masayarakat perlu ditingkatkan lagi
    sehingga setiap program penanggulangan kemiskinan tersebut dapat dilakukan secara menyeluruh, terpadu, dan ditangani dengan baik serta berkelanjutan.

    "Dalam artian dari tahun ke tahun jumlah orang miskin bisa semakin berkurang,"tandasnya. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mantiri Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top