• Berita Terbaru

    March 25, 2019

    elnusanews/com March 25, 2019

    Wowww....... Gaji Hukum Tua Lumpias Diberikan Semua Untuk Meweteng

    MINUT, Elnusanews -- Beralihnya jabatan maweteng atau pembantu kepala jaga menjadi staf desa membuat sejumlah Hukum tua (kepala desa red) di kabupaten Minahasa Utara (Minut) putar otak.
    Pasalnya,​ gaji para meweteng ini sudah tidak lagi tertata.

    Sesuai pantauan harian ini dari beberapa desa se Minut, ada desa-desa yang telah menghilangkan meweteng dari struktur pemerintahan karena gaji belum tertata di ADD sebagai staf desa.
    Namun ada salah satu desa yaitu desa Lumpias, Kecamatan Dimembe yang bisa menjadi salah satu desa percontohan untuk masalah ini, dimana gaji Hukum Tua dan hampir sebagian gaji Kepala Jaga diserahkan untuk meweteng.

    Kapada media ini Hukumtua desa Lumpias, Nixon Mentang menuturkan,​ jika di desa yang ia pimpin ini sudah mengadakan rapat bersama semua perangkat desa dan BPD untuk membahas terkait meweteng ini.

    Dalam rapat tersebut lanjut Mentang,​ mereka sudah menyepakati dan sudah membuat berita acara dengan notulen rapat jika semua gajinya sebagai Hukum tua akan diberikan untuk meweteng. Tidak hanya itu para kepala jaga juga turut andil dengan memberikan hampir sebagian gaji mereka untuk para meweteng.

    "Semua ini kami lakukan tanpa paksaan dan merupakan hasil rapat kami bersama,​ dimana semua kepala jaga menyampaikan jika masih membutuhkan meweteng. Jadi karena tahun ini belum tertata di ADD sebagai staf desa maka inilah yang menjadi jalan kekuar sementara dari desa kami, " jelas Mentang.

    Ditambahkannya,​ untuk gaji setiap kepala jaga dari Rp 1.375.000 perbulan yang diterima per triwulan, diserahkan ekor dari gajinya yaitu Rp 375.000 untuk meweteng.

    "Sedangkan gaji saya per triwulan Rp 7.800.000 semuanya sudah saya serahkan untuk para meweteng. Jadi gaji saya akan dibagi ke 7 meweteng yang ada di desa kami ini. Nantinya untuk setiap meweteng per triwulannya menerima gaji sebesar Rp 2.265.000, sementara kepala jaga per triwulannya Rp 3.000.000," beber Mentang yang juga merupakan salah satu Hukum Tua terbaik di Minut ini.

    Sementara itu salah satu meweteng Yul Rotinsulu mengatakan jika dia mewakili teman-temannya meweteng yang lain bersyukur dan berterimakasih kepada Hukum Tua dan kepala jaga yang masih memerlukan tenaga mereka dan telah berbuat sejauh ini untuk mereka.

    "Dengan ini kami para meweteng akan lebih semangat lagi untuk menjalankan tugas kami, sesuai instruksi Hukum Tua atau melalui kepala jaga masing-masing kami, " tutupnya.(Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wowww....... Gaji Hukum Tua Lumpias Diberikan Semua Untuk Meweteng Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top